100 kios & Rumah Warga di Agats Papua Terbakar, Diduga Akibat Arus Pendek

PERISTIWA | 17 September 2019 10:20 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Sebanyak 100 kios dan rumah warga di Agats, Asmat, Papua terbakar. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting atau arus pendek listrik.

Demikian disampaikan Kapolres Asmat AKBP Andy Henoch. Dugaan itu setelah anggota meminta keterangan dari salah satu warga, kata Henoch seperti diberitakan Antara, Selasa (17/9).

Dikatakannya, dari keterangan sementara terungkap ada warga yang sempat melihat salah satu meteran listrik terbakar hingga menyebabkan sekitar 100 kios dan rumah warga ludes terbakar.

Cepatnya api membakar akibat bangunan yang ada terbuat dari kayu dan mudah terbakar sehingga api baru dapat dipadamkan pada Selasa sekitar pukul 07.00 Wit.

"Tidak ada korban jiwa namun belum diketahui dengan pasti berapa besar kerugian akibat kebakaran tersebut," kata AKBP Henoch.

Untuk memastikan penyebab kebakaran polisi masih melakukan penyelidikan, sedangkan warga yang menjadi korban sudah dievakuasi ke rumah warga yang tidak terkena musibah.

"Ini musibah kebakaran yang paling besar di Asmat yang terjadi di musim kemarau," kata salah seorang warga Agats yang terdampak peristiwa kebakaran itu, Latuconsina.

Warga lainnya, Nasrianto mengatakan bahwa ia bersama keluarga memilih mengungsi dari perumahan di Pasar Dolog ke Jalan Nusantara Satu. "Kami khawatir, api merambat dengan cepat dan sudah sampai di Jalan Dolog, sehingga kami sekeluarga langsung pindah."

Baca juga:
Pimpin Rapat Karhutla di Riau, Jokowi Marah Singgung Peran Pemda
Polda Jateng Tunda Olah TKP Gudang Peluru yang Terbakar
Dua Warga Tewas dalam Kebakaran di Batu Merah Dalam Ambon
SDN 01 Meruya Jakarta Terbakar
Puluhan Rumah Warga Adat Baduy Terbakar
Pantauan Udara Kondisi Lahan Gambut di Riau yang Hangus Terbakar

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT