1.000 Pohon Ditanam TNI-Polri di Kali Ciliwung Antisipasi Banjir

PERISTIWA | 24 Januari 2020 12:03 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Metro Jaya menanam 1.000 pohon berbagai jenis serta bersih-bersih kali Ciliwung. Kegiatan dilakukan bersama dengan TNI-Polri serta Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Dansat Brimob Polda Metro Jaya Kombes Deonijiu De Fatima mengatakan, 150 personel serta 10 perahu karet diterjunkan dalam kegiatan tersebut.

"Yang turun mulai dari personel Brimob, Damkar dan TNI," kata Deonijiu di kawasan Jakarta Timur, Jumat (24/1).

Dia menjelaskan, penanaman pohon dan bersih-bersih kali Ciliwung tersebut dilakukan sepanjang bantaran kali mulai dari kawasan Bidaracina hingga Kampung Pulo.

"Kita juga susuri sungai sambil memungut sampah dan kita juga langsung bersihkan aliran-aliran sungai yang terhambat," jelasnya.

Selain menanam pohon serta bersih-bersih kali Ciliwung, pihak Brimob Polda Metro Jaya juga melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Karena kita semua tahu, banjir selain disebabkan karena faktor. Tapi ada campur tangan kita juga seperti tidak menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, ia berharap agar masyarakat bisa lebih peduli lagi terhadap lingkungan terutama dalam mengantisipasi banjir yang belum lama terjadi di sebagian wilayah di Jakarta.

"Kegiatan ini untuk antisipasi banjir di wilayah Jakarta, untuk kampung-kampung yang terendam banjir khususnya gang-gang kecil," pungkasnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Pastikan Ketersediaan Pasokan, Bulog Modifikasi Gudang Beras Aman dari Banjir
Terkendala Lahan, Waduk Jokowi yang Digarap Sejak 2016 di Bogor belum Capai 50 Persen
Hujan Deras, Permukiman dan 2 Sekolah di Serang Terendam Banjir
551 Pelajar Korban Banjir di Tangerang Dapat Bantuan Peralatan Sekolah
Pascalongsor & Banjir, Mensos Prediksi Angka Kemiskinan di Kabupaten Bogor Meningkat
Antisipasi Banjir Susulan, Risma Cek Rumah Pompa di Tambak Wedi
Usai Longsor & Banjir, Perbaikan Infrastruktur di Bogor Tidak Cukup 1 Tahun

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.