10.853 Pelanggaran Terjadi Selama PSBB di Palembang

10.853 Pelanggaran Terjadi Selama PSBB di Palembang
PERISTIWA | 3 Juni 2020 03:04 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Palembang 20 Mei-2 Juni 2020, sebanyak 10.853 orang diberikan sanksi karena melakukan pelanggaran. Sanksi diberikan pada umumnya membersihkan fasilitas umum.

Kepala Dinas Perhubungan Palembang Agus Rizal mengungkapkan, pelanggar mayoritas berasal dari pemotor yang berboncengan tidak mengantongi kartu tanda identitas (KTP) satu alamat. Ada juga pengendara mobil yang mengangkut lebih dari jumlah yang ditetapkan dan warga yang tidak mengenakan masker.

"Ada 10.853 pelanggar ditemukan di lapangan selama 14 hari PSBB, dominan pemotor dan pengendara mobil," katanya, Selasa (2/6).

Menurutnya, pada awal-awal PSBB dilakukan banyak ditemukan pelanggaran, bisa 300 pelanggaran per hari. Seiring masifnya penindakan, pelanggaran terus menurun hingga berakhir PSBB tahap pertama.

"Artinya ada efek jera dalam penerapan sanksi, pelanggaran semakin rendah," kata dia.

Untuk PSBB tahap kedua, pihaknya masih menunggu peraturan terbaru yang akan diajukan Pemkot Palembang ke pemerintah pusat. Bocorannya tidak jauh berbeda dari sebelumnya, hanya sanksinya lebih humanis.

"Masih menunggu Perwali, yang menggodok Polrestabes Palembang dan Kodim. Kami hanya melakukan penindakan saja," ujarnya.

"Untuk check poin masih ada 13 titik, tujuh di dalam kota dan enam di perbatasan. Itu akan kami maksimalkan," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Toko Ditutup, Pedagang Pasar Pagi Asemka Nekat Jualan di Pinggir Jalan
Suasana Pasar Cileungsi Pasca Penutupan Sementara
Kota Tua Bersiap Menyambut New Normal
Masjid Dibuka Kembali, JK Pesan Penerapan Protokol Kesehatan Ketat
Bank Dunia Kritik Pemberian Insentif Pajak RI di Tengah Pandemi
Tutup Sejak Maret, Tiga Pusat Pelayanan Publik di Kota Bekasi Mulai Dibuka

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5