11 JPU Disiapkan untuk Sidang Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra

11 JPU Disiapkan untuk Sidang Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra
Djoko Tjandra. ©ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
NEWS | 7 Oktober 2020 20:55 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Polri telah menyerahkan tiga tersangka serta barang bukti terkait kasus surat jalan palsu Djoko Soegiarto Tjandra kepada Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur, pada Senin (28/9) lalu. Ketiganya itu diketahui atas nama Brigjen Prasetijo Utomo, Anita Dewi Kolopaking dan Djoko Soegiarto Tjandra.

Penyidik Bareskrim Polri menyerahkan ketiga tersangka tersangka tersebut setelah berkas perkara ketiganya dinyatakan lengkap atau P-21 oleh Kejaksaan pada Kamis (24/9).

Dalam sidang yang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur nanti, sebanyak 11 orang Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah disiapkan oleh pihak Kejaksaan.

"Ada 11 orang, itu terdiri dari 8 JPU Kejagung (Kejaksaan Agung) dan 3 dari Kejari (Kejaksaan Negeri) Jakarta Timur," kata Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Yudi Kristiana, Rabu (7/10).

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah barang bukti serta beberapa saksi yang akan ditampilkan atau dihadirkan dalam sidang nanti.

"Tentu kami siapkan bukti-bukti lain ya, ada saksi-saksi dan barang bukti lain terkait tindak pidananya," ujarnya.

"(Barang bukti) Tentu dokumen-dokumen, terus alat komunikasi yang digunakan ketiga terdakwa. Karena kan mereka berkomunikasi itu ada bukti percakapan kan," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Tersangka Diserahkan

Sebelumnya, Polisi membawa Brigjen Prasetijo Utomo, Anita Kolopaking, dan Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra ke Kejaksaan Timur.

Ketiga tersangka meninggalkan Bareskrim Polri, pada pukul 11.30 Wib. Terpantau Djoko Tjandra dan Anita Kolopaking mengenakan pakaian oren. Keduanya menutup mulut dengan masker. Tak seperti Djoko dan Anita, Brigjen Prasetijo Utomo justru tak menggunakan baju tahanan.

Brigjen Prasetijo Utomo masih memakai seragam kepolisian lengkap dengan pangkatnya. Brigjen Prasetijo Utomo juga terlihat menggendong tas ransel berwarna hitam.

(mdk/eko)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami