114 Posko Kesehatan Didirikan untuk Antisipasi Pemudik dari Luar Jatim

114 Posko Kesehatan Didirikan untuk Antisipasi Pemudik dari Luar Jatim
PERISTIWA | 10 April 2020 00:33 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Mengantisipasi para pemudik yang nekat pulang ke kampungnya di Jawa Timur (Jatim), polisi mempersiapkan setidaknya 114 posko mudik. Posko ini nantinya akan menjadi tempat observasi kesehatan awal bagi para pemudik.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengatakan, saat ini telah membangun posko dan pelayanan Covid-19 untuk para pemudik yang pulang ke kampung. Posko itu berbeda dengan posko-posko yang sebelumnya didirikan setiap jelang Idul Fitri.

"Ini berbeda dengan posko keadaan biasa di tahun lalu dalam rangka mudik. Posko ini lengkap seperti semacam tempat observasi, tempat di mana di posko tersebut ada kelengkapan Covid-19," kata Luki kepada wartawan, Kamis (9/4).

Dia menyebut, ada sekitar 114 posko mudik yang didirikan di titik-titik sentral pemudik, seperti terminal, stasiun, bandara, pelabuhan dan pintu masuk wilayah.

Dalam posko tersebut nantinya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang pulang kampung. Dari posko ini nantinya akan diketahui, apakah mereka pulang kampung dalam keadaan sehat atau sebaliknya.

"Pelayanan Covid-19 ada di terminal-terminal, di stasiun, bandara, pelabuhan dan pintu masuk. Tugasnya mereka melakukan pemeriksaan terhadap pemudik dari luar kota yang akan memasuki Jatim," imbuhnya.

Polisi juga menggandeng instansi lain seperti TNI, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan. Setiap pemudik, nantinya akan diperiksa satu-persatu di posko tersebut.

"Di posko itu nanti ada ambulans, ada tabung oksigen dan lainnya disiapkan mengantisipasi arus mudik. Kami perintahkan standarnya untuk tempat observasi bagi pemudik yang terindikasi," tegasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Tak Mau Dikarantina, Sejumlah Pemudik di Solo Pilih Kembali ke Kota Asal
Jokowi Sebut Pemberian Bansos ke Warga Jabodetabek Cegah Masyarakat Mudik
Jokowi Larang ASN, TNI, Polri dan Pegawai BUMN Mudik
Mulyadi Sebut Perantau Minang Pegang Peran Penting Putus Mata Rantai Covid-19
Kemenhub Matangkan Aturan Kendaraan untuk Pengendalian Mudik 2020
Dampak Corona, Ribuan Perantau di Luar Negeri Mudik ke Bali

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami