1.178 KK di Tangerang Terima Bantuan Tunai Rp600 Ribu

1.178 KK di Tangerang Terima Bantuan Tunai Rp600 Ribu
PERISTIWA | 24 Juni 2020 02:31 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Kementerian Sosial RI kembali menyalurkan bantuan kepada ribuan warga Tangerang di Desa Cikande Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang dan Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong Tangerang Selatan, Selasa (23/6).

Dalam penyaluran bansos hari ini, 1.178 kepala keluarga di Desa Cikande, Kabupaten Tangerang, menerima bantuan tunai sebesar Rp600 ribu. Sementara 1.164 warga Rawa Buntu, Kota Tangerang Selatan, menerima bantuan paket sembako Presiden dengan senilai Rp300 ribu.

"Bantuan yang diberikan berupa bantuan langsung tunai per kepala keluarga sebesar Rp600 ribu dan juga paket sembako untuk jaring pengaman sosial (social safety net) masyarakat Indonesia, kepada warga di Desa Cikande, Kabupaten Tangerang," kata Menteri Sosial Juliari Batubara, Selasa (23/6).

Sementara, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengaku, akan terus melakukan pengawasan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat. Dengan harapan, penyaluran bansos selanjutnya bisa berjalan lebih baik lagi.

"Saya di sini dalam rangka pengawasan bantuan sosial tunai ini terkait siapa saja yang menerima dan apakah yang menerima itu betul-betul merasakan manfaatnya, dipergunakan untuk apa," jelasnya.

"Tiga bulan sudah berjalan dan tentu saja nanti kita akan evaluasi juga terkait program bansos ini, dan saya berharap ke depannya ini terkait dengan data bisa diperbaiki kalau masih ada masalah-masalah dan kita bisa memahami itu," tambah politikus PDIP itu.

1 dari 1 halaman

Menurut Puan, ada beberapa evaluasi DPR RI terkait penyaluran bansos pemerintah, terkait perbaikan data dan jadwal pembagian bantuan sosial yang tidak diketahui warga.

"Saya berharap terkait data itu kemudian bisa diperbaiki. Terkait tanggal ini penting sekali, agar mereka itu datang bisa tepat tanggal. Tadi saya bertanya tanggal berapa biasanya dapat (bansos) bu? Dia enggak ingat, artinya tanggalnya itu tidak diputuskan," terangnya.

Sementara bantuan paket sembako Presiden yang disalurkan kepada 1.164 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19, di wilayah Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, merupakan penyaluran bansos Tahap ke 5.

"Ini kunjungan saya ke Tangsel, yang ketiga kali, untuk memastikan bahwa seluruh penyaluran bansos di wilayah Tangsel, ini berjalan dengan baik. Dan juga yang menerima itu benar-benar yang terdampak," ungkapnya.

Di berharap, kedepannya penyaluran bansos kepada masyarakat terdampak Covid-19, akan semakin baik. "Kebetulan karena program ini berlanjut sampai Desember, kita harapkan yang sudah baik ini, ke depannya lebih baik lagi," tegasnya.

Sedangkan, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengaku berterima kasih atas bantuan dan perhatian Pemerintah Pusat terhadap warga Kota Tangsel. Dia juga mengapresiasi Kementerian Sosial yang fleksibel dalam memberikan paket bantuan sosial dengan data-data baru yang disampaikan Pemerintah Kota Tangsel.

"Pada kesempatan baik ini mewakili masyarakat Tangsel, berterima kasih kepada Pak Menteri, di mana Kementerian Sosial tidak pernah kaku untuk data. Mana kala ada yang terdampak di bulan ini diajukan dan di-acc. Ini contohnya di sebelah ini, ini terdampak baru kita masukkan karena dia tidak berKTP Tangsel, tapi terdampak, kita usulkan dan direspons cepat Pak Menteri," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Antrean Warga Cikande Terima Bantuan Sosial Rp 600 Ribu
Bos Bulog Klaim Telah Tuntaskan Penyaluran Bansos Beras Presiden di Jabodetabek
Jaringan Komunikasi Buruk jadi Penyebab Terlambatnya Penyaluran BLT Dana Desa
Petugas Kebingungan, Penerima Bantuan Sosial di Jayawijaya Tak Ditemukan di Lapangan
Hampir Rp1.000 Triliun, Ini Rincian Penggunaan Dana Penanganan Dampak Covid-19
Mensos Pesan BST Jangan Digunakan Beli Rokok
Bulog Selesaikan Distribusi Bansos Beras Presiden Tahap II Jabodetabek

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami