12 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda, Alami dan Sederhana

12 Cara Hidup Sehat dan Awet Muda, Alami dan Sederhana
PERISTIWA | 29 Maret 2020 11:59 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Semua orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang sehat dan tampak awet muda, namun sering kali keinginan tersebut tidak dibarengi dengan pola hidup sehat. Biasanya keengganan seseorang menjalani pola hidup sehat adalah karena anggapannya terkait pola hidup sehat yang sulit dan tidak menyenangkan untuk dijalani. Kendati tidak mudah dilakukan, faktanya saat ini sudah banyak orang mulai sadar akan pola hidup sehat yang jelas menguntungkan bagi kesehatan tubuh.
Berikut ini 12 cara hidup sehat dan awet muda yang alami dan sederhana telah dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber pada Jumat (28/2).

1 dari 12 halaman

1. Perbanyak Mengonsumsi Buah-Buahan

Salah satu cara hidup sehat dan awet muda yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi buah-buahan terutama buah delima. Belakangan ini muncul fakta dari para peneliti bahwa buah delima kaya akan manfaat lebih dari buah-buahan lainnya.
Salah satu fakta menyebutkan bahwa jus delima telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah , kemungkinan menunda timbulnya ateroklerosis dan berpotensi membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer.
Buah asli Tibet yang memiliki 500 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan dianggap sebagai sumber karotenoid paling banyak, sejenis antioksidan yang baik untuk kesehatan. Buah delima juga mengandung lebih banyak zat besi daripada bayam, 18 asam amino, kalsium, magnesium, seng, selenium dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin E. Mengonsumsi buah delima secara rutin dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.
Selain buah delima ada juga biji berry yang bermanfaat untuk merangsang pelepasan hormone pertumbuhan manusia, suatu zat alami dalam tubuh yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk tidur, membuat kita terlihat lebih muda, mengurangi lemak dan dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan libido, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2 dari 12 halaman

2. Rutin Melakukan Yoga

Olahraga bisa dibilang sudah terbukti dapat menjaga kebugaran dan membuat seseorang terlihat lebih muda. Salah satu olahraga yang bisa kamu pilih untuk menjaga kesehatanmu adalah olahraga yoga. Belakangan ini yoga menjadi olahraga yang banyak diminati, jika sebelumnya yoga sering dikenal sebagai olahraga meditasi, kini yoga juga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung , nyeri sendi dan melawan stress.
Melakukan yoga secara rutin dapat melatih aktivitas pikiran dan tubuhmu jadi jauh lebih positif, rajin melakukan Gerakan yoga akan memberi kamu energi tambahan, membantu membangun massa tulang dan mengurangi stress. Hal tersebut jelas akan berpengaruh pada bukan saja pada pikiran tetapi juga fisik kamu akan tambak jauh lebih segar dan muda.

3 dari 12 halaman

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan cara yang paling dasar namun ampuh untuk bisa mendapatkan hidup yang sehat dan tetap awet muda. Tidak hanya itu istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan mood, dapat memelihara kesehatan kulit dan penampilan kamu.
Menurut beberapa ahli hormone pertumbuhan manusia (HGH) paling banyak diproduksi dalam keadaan tidur nyenyak. HGH adalah kunci yang akan membuat kita tetap awet muda bahkan ketika kita sudah berhenti tumbuh pada usia-usia tertentu.

4 dari 12 halaman

4. Mengonsumsi Teh Hijau

Maraknya khasiat teh hijau membuat banyak produk kecantikan dibuat dengan bahan dasar teh hijau. Menurut para peneliti dari Chinese Academy of Medical Sciences mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan minum the hijau setidaknya tiga kali atau lebih selama seminggu akan berpotensi memiliki hidup yang lebih panjang dan sehat jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kebiasaan meminum teh hijau.

5 dari 12 halaman

5. Sebisa Mungkin Hindari Stres Berlebihan

Permasalahan dalam kehidupan memang kerap kali datang silih berganti. Hal semacam ini tidak jarang membuat seseorang akan rentan mengalami stress. Padahal stress merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit dan berisiko membuat tubuh tampak lelah.
Banyak jalan keluar untuk menghindari stress , seperti lakukan meditasi setiap pagi sebelum bekerja usahakan dilakukan di luar ruangan, atau bisa juga dengan mendengarkan alunan music yang santai, berpikir positif dan jalan-jalan supaya otak jauh lebih refresh.

6 dari 12 halaman

6. Menghargai Diri Sendiri

Orang yang cenderung memelihara senyum di wajahnya maka dia akan terlihat lebih menyegarkan serta sejuk untuk dilihat. Tidak bisa disangkal aspek kebahagiaan begitu luas namun kerap kali orang-orang menyempitkan maknanya hanya pada perkara materi saja. Padahal anggapan demikian kerap kali membuat seseorang membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain.
Padahal kebahagiaan akan lebih mudah didapat apabila kita lapang dada untuk mensyukuri apa pun yang kita miliki sekarang sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. Semua orang memahami bila penghargaan terhadap diri sendiri adalah sesuatu yang penting untuk membentuk pikiran yang sehat. Tentu saja pikiran yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tampak awet muda.

7 dari 12 halaman

7. Membatasi Konsumsi Garam

Kelebihan sodium bisa memicu tekanan darah tinggi dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Bersamaan dengan itu, bisa dibilang penyakit jantung dan stroke banyak menyebabkan kematian lebih banyak orang setiap tahunnya dari penyebab lainnya. Salah satu cara hidup sehat yang perlu menjadi perhatian adalah dengan membatasi konsumsi garam.
Baiknya seseorang mengonsumsi garam kurang dari 2.300 miligram sodium setiap harinya. Hal ini berbeda dengan mereka yang sudah berusia 51 tahun ke atas harus membatasi konsumsi garam hingga 1.500 miligram. Jadi memasak untuk diri sendiri adalah pilihan paling aman untuk menjalankan pola hidup sehat.

8 dari 12 halaman

8. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cara hidup sehat dan awet muda lainnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Air membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan juga kontipasi. Sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 6-8 gelas setiap harinya.
Air putih baik untuk tubuh, tanpa bahan pengawet dan mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh. Air putih juga tidak mengandung glukosa yang dapat menigkatkan kadar gula dalam tubuh.

9 dari 12 halaman

9. Perkaya Nutrisi dengan Asam Lemak Omega-3

Ada banyak alasan bagi kamu untuk sering mengonsumsi sumber asam lemak omega-3. Asam lemak tak jenuh ini membuat kamu akan merasa kenyang jauh lebih lama. Hal ini akan membantu tubuh menyerap vitamin penting dan menurunkan resiko kardiovaskular.
Manfaat lain dari asam lemak omega-3 juga bisa menjadikan kulit tampak muda dan sehat dengan mengatasi inflamasi kulit seperti jerawat dan psoriasis. Kamu bisa mendapatkan asam lemak sehat ini dari ikan-ikan yang berminyak seperti ikan salmon maupun ikan bandeng.

10 dari 12 halaman

10. Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula secara berlebihan dapat berakibat pada kenaikan berat badan, gula juga diyakini sebagai penyebab penuaan dini. Menurut para ahli nutrisi dan pakar kulit, konsumsi gula akan memicu proses glikasi yang pada akhirnya akan mempercepat munculnya gejala penuaan.
Untuk membuktikan efek buruk dari gula, kamu bisa mencoba eksperimen sederhana dengan menghentikan konsumsi gula selama 1-2 minggu dan lihat hasilnya.

11 dari 12 halaman

11. Makan Secara Sehat dan Seimbang

Untuk memiliki tubuh yang sehat dan awet muda kamu harus mulai memperhatikan asupan makanan sudahkah sehat dan seimbang. Makanan yang kamu konsumsi setiap hari sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh.
Jika kamu memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, wajib bagi kamu untuk mendapat semua makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Catatan ini bermanfaat untuk menjadi pengingat agar kamu membatasi konsumsinya. Baiknya konsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilang porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

12 dari 12 halaman

12. Konsumsi Asupan Fermentasi untuk Kesehatan Usus dan Pencernaan

Salah satu bagian tubuh yang kerap disepelekan soal kesehatannya adalah usus. Padahal, peran usus bagi kebugaran tubuh sangat vital. Jika kesehatan usus tidak baik, jumlah bakteri merugikan bisa lebih dominan, hal ini akan mengganggu kebugaran tubuh.
Sebagai bagian dari cara pola hidup sehat maka berikan perhatian lebih pada kesehatan usus kamu dengan mengonsumsi asupan hasil fermentasi seperti kombucha, susu rendah lemak hasil fermentasi seperti yogurt, atau fromage frais yang merupakan keju segar yang lembut dan terbuat dari susu. Konsumsi asupan fermentasi secara rutin setiap hari bermanfaat untuk memicu pertumbuhan bakteri baik pada tubuh.

(mdk/nof)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami