12 Tahanan di Rutan Kupang Positif Covid-19

12 Tahanan di Rutan Kupang Positif Covid-19
pasien corona. ©2020 Merdeka.com/antara
PERISTIWA | 27 Januari 2021 10:28 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan HAM Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Merciana Djone memastikan terdapat 12 orang tahanan di Rutan Kelas IIB Kupang yang terpapar covid-19.

"Awalnya saat tes swab metode pool test pertama beberapa waktu lalu ada 38 orang tahanan yang positif covid-19," ujarnya, Rabu (27/1).

Ke 38 tahanan ini selanjutnya diisolasi pada 3 blok di Rutan Kelas IIB Kupang. "Setelah kita tracking ulang, sisa 12 orang yang masih positif. Yang lain sudah negatif," jelas Merciana.

Menurutya, 38 orang baik yang positif maupun yang sudah negatif ditangani dua orang dokter dan tenaga medis. Para penghuni rutan ini diberikan suplemen dan vitamin serta tambahan makanan selama masa isolasi.

Khusus 12 orang penghuni rutan yang masih positif sudah diisolasi di blok khusus, serta ditangani secara khusus juga.

Dia menjelaskan, 38 orang penghuni Rutan yang terkonfirmasi covid-19 ini terjangkit virus dari penghuni baru. Padahal, setiap penghuni Rutan yang masuk harus menjalani pemeriksaan secara ketat dan mengantongi surat keterangan bebas covid-19.

"Ada vitamin dan suplemen serta ditangani dua dokter khusus sehingga kita harapkan pada pemeriksaan tahap berikut ke 12 (penghuni rutan) yang masih positif bisa sembuh," tandas Merciana. (mdk/ray)

Baca juga:
Covid-19 RI Tembus 1 Juta, Pemerintah Diminta Cegah Dampak Psikologis di Masyarakat
Menengok Pasien Covid-19 Jalani Perawatan Intensif di Bogor
Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua
Data Per 26 Januari: 81 Persen Pasien Covid-19 Sembuh
Crazy Rich Bali Curhat Bisnisnya Goyang Karena Covid-19, Jual 16 Mobil Satu Ferrari

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami