123 Ribu KK di Depok Mendapat Paket Sembako Rp600 Ribu dari Presiden Jokowi

123 Ribu KK di Depok Mendapat Paket Sembako Rp600 Ribu dari Presiden Jokowi
PERISTIWA | 14 Mei 2020 22:29 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Sebanyak 123 ribu kepala keluarga di Depok akhirnya menerima bantuan dari Presiden Joko Widodo. Bantuan berupa paket sembako yang diberikan kepada warga terdampak Covid-19. Tiap KK penerima manfaat menerima paket seharga Rp600 ribu.

Menteri Sosial, Juliari Batubara mengatakan, warga yang menerima bantuan berdasarkan data yang masuk ke institusinya. "Ini semua bantuan Bapak Jokowi melalui Mensos," kata Juliari di Beji, Depok, Kamis (15/5).

Warga yang sudah terdata nantinya akan menerima bantuan selama dua kali sebulan. Bantuan diberikan selama tiga bulan. Jika ada warga yang belum terdata dan belum mendapat bantuan diharapkan segera dilaporkan.

"Kami berharap pemerintah dareah bisa memberikan list warga yang belum mendapat bantuan. Jadi cakupannya bisa luas dan merata," ujar dia.

Dia menegaskan bantuan tersebut diberikan kepada warga terdampak yang benar-benar membutuhkan. Warga yang berhak adalah mereka yang sebelum ada pandemi ini masih aktif bekerja, namun sekarang terpaksa harus berhenti bekerja karena terdampak pandemi.

"Warga terdampak biasanya kalau ada orang yang rutin ada income tiba-tiba putus akan terganggu. (Sementara) mungkin harus ngasih makan istri dan anak-anaknya," tuturnya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan 123 ribu KK di kotanya merupakan gabungan dari DTKS dan non DTKS. Sebanyak 78.000 KK DTKS masih terdapat 5.000 KK yang belum mendapatkan bantuan dari manapun sehingga digabungkan dalam non DTKS untuk didaftarkan dalam bantuan presiden.

"Alhamdulillah tadi sudah disalurkan bantuan presiden bagi 123 ribu KK. 5000 KK termasuk dari tambahan data DTKS," kata Idris. (mdk/ray)

Baca juga:
Selama Pandemi Corona, Banyak Warga Banten Mengadu Terkait Permasalahan Bansos
Pemprov DKI Naikkan Nilai Bansos Tahap Dua Jadi Rp300 ribu
Pemprov DKI Sebut Distribusi Bansos Tahap 2 untuk Wilayah Jaktim & Kepulauan Seribu
CEK FAKTA: 4 Ton Telur Bansos Membusuk di Gudang Bulog Garut, Ini Faktanya
Airin Minta Warga Belum Terdata Tahap Pertama Bansos Covid-19 Segera Melapor

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami