13 Orang Keluarga Pasien 01 Covid-19 di Rejang Lebong Dikarantina

13 Orang Keluarga Pasien 01 Covid-19 di Rejang Lebong Dikarantina
PERISTIWA | 4 Juni 2020 20:03 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Sebanyak 13 orang dikarantina oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Mereka merupakan keluarga dari pasien 01 positif Covid-19 di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir mengatakan belasan orang itu berdasarkan hasil penelusuran kepada keluarga pasien tersebut.

"Sudah dilakukan tracing dan diambil swab sebanyak 13 orang yang kontak erat, dan sudah dilakukan karantina di Gedung BLKM Kecamatan Curup Timur," kata dia di Rejang Lebong, Kamis (4/6).

Dia menambahkan, swab yang sudah diambil dari keluarga pasien 01 ini selanjutnya mereka kirimkan ke Labkes Provinsi Bengkulu untuk diperiksa apakah terpapar atau tidak.

Sementara itu, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan swab yang dilakukan Labkes Provinsi Bengkulu untuk mengetahui apakah pasien tersebut tertular transmisi lokal atau kasus impor. Diperkirakan beberapa hari lagi akan segera keluar.

Kasus pertama positif Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong itu sendiri diketahui dari hasil pemeriksaan Laboratorium Kesehatan Dinkes Provinsi Bengkulu, Senin (1/6) lalu, atau setelah lima hari yang bersangkutan sudah menjalani perawatan di RSUD Curup.

Saat masuk ke RSUD Curup pasien 01 dengan jenis kelamin perempuan berusia 56 tahun tersebut mengalami keluhan extremitas, lemas, mual dan muntah. Selain itu pasien ini juga diketahui memiliki penyakit penyertaan berupa stroke ringan, hypertensi dan diabetes.

Sementara itu, untuk warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) kata Syamsir, saat ini tercatat ada enam orang, kemudian OPD yang sehat tiga orang, pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini masih menunggu hasil swab keluar ada satu orang, dan PDP terkonfirmasi positif satu orang.

Sedangkan jumlah warga pendatang dari zona merah (notifikasi) mencapai 10.318 orang. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
OJK Ingatkan Bank Hati-Hati Lakukan Restrukturisasi Kredit Karena Corona
Update Pasien RS Darurat Wisma Atlet Per 4 Juni
DKI Masa Transisi, Ibu Hamil, Balita & Lansia Dilarang Datangi RPTRA
Jokowi Minta Peneliti Temukan Vaksin Covid-19, Target Produksi Akhir Tahun
Pemerintah Buka Rekrutmen Relawan Besar-besaran untuk Capai Target Uji Spesimen
Survei Lapor Covid-19: Warga DKI Jakarta Belum Siap New Normal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami