140 Warga Binaan Lapas Narkotika Pamekasan Dirapid Test

140 Warga Binaan Lapas Narkotika Pamekasan Dirapid Test
PERISTIWA | 2 Desember 2020 00:04 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Jawa Timur melakukan rapid test atau tes cepat kepada 140 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II-A setempat, Selasa.

"Selain dalam rangka deteksi dini kemungkinan adanya warga binaan yang terpapar virus corona, rapid test ini juga dalam rangka memperingati Hari Aids sedunia," kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan Nanang Suyanto, dilansir Antara, Selasa (1/12).

Upaya ini, lanjut dia, menyusul banyak tambahan kasus baru COVID-19, termasuk di Kabupaten Pamekasan.

Warga binaan yang dites cepat kali ini yang memiliki riwayat kontak dengan pembesuk dengan melibatkan sebanyak enam orang tenaga medis.

Satu persatu warga binaan di Lapas Narkotika Klas II-A Pamekasan itu diperiksa petugas di salah satu ruang pertemuan di institusi ini.

Kebanyakan warga binaan ini merupakan narapidana yang telah menjalani hukuman antara 0 hingga 2 tahun. Menurut Kabid P2P Dinkes Pamekasan Nanang Suyanto, sejauh ini memang belum ditemukan ada warga binaan yang terpapar COVID-19.

"Namun sebagai upaya antisipasi, maka rapid tes ini penting dilakukan," kata Nanang.

Ia juga berharap, penetapan protokol kesehatan bisa terlaksana dengan baik di Lapas Klas II-A Pamekasan itu, sehingga tidak menimbulkan klaster baru.

Sementara itu, jumlah warga Pamekasan yang terdata terpapar COVID-19 hingga 30 November 2020 sebanyak 424 orang, dengan perincian 40 orang diisolasi, 346 orang sembuh dan sebanyak 40 orang lainnya meninggal dunia. (mdk/eko)

Baca juga:
Tamu yang Ingin Bertemu Anies Harus Dirapid Test oleh Dinkes DKI
Buah dan Sayur di Garut Ikut Dirapid Test, Ini Kata Dinas Ketahanan Pangan Setempat
Cegah Penularan Covid-19, Saksi Paslon Gibran-Teguh Jalani Rapid Test
Jelang Pilkada, Petugas KPPS Tangerang Selatan Jalani Tes Kesehatan
Rapid Test Massal Gratis Kembali Digelar di Petamburan
3.600 Petugas KPPS di Bangka Barat Jalani Tes Cepat Sebelum Bertugas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami