1.440 Jemaah Haji Tiba di Debarkasi Solo

PERISTIWA | 19 Agustus 2019 08:21 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Hingga hari kedua pemulangan haji gelombang pertama, Senin (19/8), sebanyak 1.440 jemaah sudah tiba di Debarkasi Solo. Mereka tergabung dalam 4 kloter, yakni kloter 1-4, dari Kabupaten Sukoharjo, Temanggung, Karanganyar, Wonogiri, Magelang dan Purworejo.

Kasubag Penerangan Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Agus Widagdo mengatakan, pemulangan kloter 1 hingga 4 berjalan dengan lancar. Sesuai jadwal pagi ini dipulangkan jemaah haji yang tergabung dalam kloter 5, 6 dan 7.

"Kloter 5 jemaah dari Sragen dan Wonogiri, kloter 6 dan 7 jemaah dari Kabupaten Wonogiri," ujar Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, hingga hari ini total jemaah haji yang wafat sebanyak 31 orang. 29 wafat di tanah suci, 1 di pesawat dan 1 wafat di tanah air. Sementara jemaah haji yang masih mengalami sakit sebanyak 5 orang. Mereka mendapatkan perawatan di RSUD dr Moewardi, Solo.

Koordinator Garuda Indonesia area Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar) Flora Izha menambahkan, On Time Performance (OTP) penyelenggaraan perjalanan haji tahun 2019, khususnya masa pemberangkatan di Embarkasi Solo mencapai 100 persen. Ia berharap hal yang sama bisa dipertahankan pada pemulangan haji hingga kloter terakhir.

"Pemberangkatan lancar, 100 persen OTP. Semoga untuk kepulangan juga lancar," ujarnya.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta itu menyampaikan, penerbangan haji tahun ini dilayani dengan 5 tipe pesawat Airbush A330. Untuk setiap pesawat mempunyai daya tampung 360 kursi.

Embarkasi Solo memberangkatkan sebanyak 34.861 jemaah haji yang tergabung dalam 97 kloter. Baik pemberangkatan maupun pemulangan dilakukan dalam dua gelombang.

"Untuk pemulangan phase pertama berangkat dari Jeddah, dari kloter 1-41 mulai kemarin. Untuk phase kedua berangkat dari Madinah dimulai dari kloter 42 sampai kloter 97," pungkas dia.

Baca juga:
Kloter 1 Jemaah Haji Asal Sukoharjo Tiba di Debarkasi Solo
Seorang Jemaah Haji Asal Madiun Meninggal Usai Lempar Jumrah
Suasana Jabal Rahmah Dipadati Jemaah Haji
Menengok Momen Penggantian Kiswa Kabah
Pemandangan Lautan Jemaah Haji Wukuf di Padang Arafah
Usai Wukuf, Jemaah Haji Melempar Jumrah di Mina
Ritual Cukur Rambut Usai Ibadah Haji

(mdk/gil)

TOPIK TERKAIT