15 Korban ledakan elpiji masih dirawat, salah satunya luka bakar 90 persen

PERISTIWA | 29 April 2018 21:17 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Lima belas korban luka bakar akibat ledakan elpiji 3 kilogram di Samarinda, Kalimantan Timur, masih dirawat di RSUD AW Syachranie, Samarinda. Empat orang di antaranya berada di ruang ICU (Intensive Care Unit).

Seorang di antaranya wanita, K (41), menderita luka bakar hingga 90 persen. Tiga korban perempuan lainnya di ruang ICU adalah W (20), T (65) dan J (43) menderita luka bakar 31 hingga 60 persen.

"Untuk W sedang mengandung 4 minggu, menderita luka bakar 60 persen. Keempat pasien ini belum jalani operasi, karena masih menunggu perbaikan kondisi," kata Humas RSUD Abdul Wahab Syachranie Samarinda, dr Fabian Satrio, dikonfirmasi merdeka.com, Minggu (29/4) malam.

Satrio menerangkan, selain keempat orang itu, 7 korban lainnya dirawat di ruang HCU (High Care Unit). Salah satu di antaranya bocah 8 tahun.

"Sudah dioperasi pembersihan luka. Kecuali ada 1 pasien belum operasi, karena juga masih menunggu perbaikan kondisi," ujar Satrio.

Sedangkan 4 pasien dewasa lainnya, lanjut Satrio, kini sudah menjalani operasi pembersihan luka. "Sekarang ada di ruang perawatan Cempaka ya," tambahnya.

Sementara itu, Kapolsekta Samarinda Ulu Kompol Raden Sigit Satrio Hutomo mengatakan, meski sementara ini, semua korban belum bisa dimintai keterangan. Namun peristiwa itu diduga disebabkan kebocoran gas elpiji pada tabung 3 kilogram.

"Tabung elpiji 3 kg dan kompor berikut regulatornya, sudah kita amankan sebagai barang bukti," kata Sigit.

"Kejadian itu memang berawal dari kegiatan memanaskan masakan di dapur. Diduga ada kebocoran gas. Apakah itu dari regulator, atau dari tabung, itu masih kita selidiki," terangnya.

Diketahui, Sabtu (28/4) malam kemarin, ledakan elpiji 3 kilogram terjadi di rumah Mursidi, di Jalan Kasturi, RT 27 Nomor 97, Samarinda, Kalimantan Timur. Sebelumnya, tercium aroma gas menyengat di dalam rumah. Suara ledakan itu bikin tetangga panik.


Gas elpiji 3 kg meledak di dalam rumah, 15 orang luka
Tabung gas meledak, dapur rumah warga di Bekasi hancur
Bukan tabung gas, ledakan di Bassura City berasal dari panel listrik
Gas elpiji meledak, kapal pesiar mewah terbakar di perairan Maratua Berau
Ini penyebab elpiji meledak hingga akibatkan kapal pesiar mewah terbakar
Susul anaknya, Mahyuni korban ledakan elpiji 12 kg di Samarinda meninggal
Tabung gas meledak, 10 warga di Indragiri Hilir terluka

(mdk/gil)