15 Ribu Vaksin Moderna Disiapkan Untuk Warga Kulon Progo, Tenggat Vaksinasi 4 Minggu

15 Ribu Vaksin Moderna Disiapkan Untuk Warga Kulon Progo, Tenggat Vaksinasi 4 Minggu
Vaksinasi Covid-19 Moderna di RSUD Pasar Minggu. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 20 September 2021 21:33 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemkab Kulon Progro telah menerima 15 ribu dosis vaksin Covid-19 Moderna. 15 ribu dosis vaksin Moderna ini rencananya akan disuntikkan kepada masyarakat di Kabupaten Kulon Progo.

Adanya tambahan 15 ribu dosis vaksin Moderna ini diharapkan bisa mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok bagi masyarakat Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan bahwa vaksin Moderna ini telah mulai didistribusikan kepada masyarakat. Vaksin Moderna ini bahkan sudah disuntikkan ke masyarakat sejak Sabtu (18/9) kemarin di RSUD Wates.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna yang diperuntukkan kepada masyarakat umum dilakukan di RSUD Wates. Sebanyak 200 masyarakat telah menerima vaksinasi Covid-19 jenis Moderna," ujar Sri Budi, Senin (20/9)

"Mekanisme penggunaan vaksin Covid-19 jenis Moderna juga hampir sama dengan vaksin Covid-19 varian lainnya ya. Dosis yang digunakan sebanyak dua kali. Tenggat waktu antara dosis pertama dan kedua adalah sekitar empat Minggu," ujar Sri Budi.

Terkait penyuntikan vaksin Moderna ini, Sri Budi menuturkan pihaknya terus memantau masyarakat yang mendapatkan vaksin tersebut. Sejauh ini dari pemantauan yang dilakukan tidak ditemukan adanya KIPI.

"Alhamdulillah, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulon Progo tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 Moderna," ungkap Sri Budi.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, total pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama telah mencapai 235.420 atau sekitar 68,69 persen. Sementara masyarakat yang telah menerima dosis kedua mencapai 103.445 atau sekitar 30,19 persen. (mdk/gil)

Baca juga:
Indonesia Terima 5 Juta Dosis Vaksin Sinovac
Menkominfo: Ajak Orang Tua untuk Vaksinasi Tanggung Jawab Kita Semua
Vaksin Aman, Pemerintah Imbau Keluarga Ajak Lansia untuk Vaksinasi Covid-19
Kepala Sekolah Diancam Kadisdik Aceh Terkait Vaksinasi Pelajar, PGRI Belum Ada Sikap
Data Terkini Vaksinasi Dosis 1 dan 2 di Indonesia 20 September 2021
Perlindungan yang Diberikan Vaksin Covid Moderna Bertahan Lebih Lama Daripada Pfizer
Teknologi Biometric Permudah Distribusi Vaksin untuk Penyandang Disabilitas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami