150 Hektare Lahan di Taman Nasional Gunung Ceremai Hangus Terbakar

PERISTIWA | 24 Oktober 2019 20:04 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Kebakaran yang terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan dan Majalengka, Jawa Barat, sudah menghanguskan lahan sekitar 150 hektare. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan kawasan yang terbakar yaitu vegetasi habitat semak, Ilalang dan rimba campu sehingga sangat mudah dilalap api.

"Luas lahan yang terbakar di kawasan TNGC kurang lebih 150 hektare," kata Agus di Kuningan dilansir Antara, Kamis (24/10).

Menurutnya, kebakaran sudah terjadi sejak Senin (21/10) dan sampai Kamis (24/10) api juga belum dapat dipadamkan, karena berbagai kendala yang dihadapi di lapangan.

"Sudah empat hari kebakaran belum dapat dipadamkan, kami juga terkendala minimnya personel," ujarnya.

Saat ini, masih ada tiga titik kepulan asap yang terpantau yaitu Blok Gunung Dulang, Sadarehe dan Blok Leuweung Gede, di ketinggian sekitar 1.400 Mdpl.

Agus menambahkan pihaknya bersama tim dari TNI, Polri, BPBD, TNGC dan juga relawan lainnya masih melakukan upaya pemadaman dengan cara manual.

"Ada tiga titik kepulan asap yang terpantau dan masuk wilayah penanganan kami," tandas dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Lokasi Sulit Dijangkau, Kebakaran Gunung di Karawang Hanguskan 50 Hektare
Sepanjang 2019, 857 Ribu Hektar Lahan Terbakar di Seluruh Indonesia
Luas Terdampak Kebakaran Hutan di Kawasan Semeru Capai 115 Hektar
Ratusan Hektar Hutan di Lereng Gunung Wilis Kediri Terbakar
Jalur Pendakian Gunung Rinjani Terbakar, Pendaki Selamat dan Sudah Turun ke Senaru

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.