151.398 Anak di Sulsel Menderita Stunting

151.398 Anak di Sulsel Menderita Stunting
PERISTIWA » MAKASSAR | 30 November 2020 08:30 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Sebanyak 151.398 anak di Sulawesi Selatan menderita Stunting atau kondisi gagal tumbuh pada tahun 2020. Mereka tersebar pada lima kabupaten yang memiliki angka stunting tertinggi.

"Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, ada empat daerah dengan angka stunting tertinggi yakni di Kabupaten Bone 43 persen, Enrekang 39 persen, Jeneponto 36 persen, Takalar 34 persen, dan Bantaeng 33 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari di Makassar, Minggu (29/11).

Dia mengatakan, dari sisi angka stunting pada tahun ini jauh lebih menurun dibandingkan 2019 yang angkanya mencapai 159.375. Kendati saat ini sudah di angka 151 ribuan, namun angka ini masih sangat tinggi.

Menurutnya, dalam setahun terakhir memang terjadi pengurangan angka stunting sekitar 7000an kasus. Sementara tahun lalu, Sulsel masih berada di 10 besar dengan angka stunting tertinggi secara nasional.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ichan mengungkapkan, stunting dan gizi buruk ini memang masih jadi momok dan pekerjaan rumah bagi Dinas Kesehatan.

"Untuk mencapai zero stunting memang cukup sulit. Apalagi tidak didukung dengan anggaran yang memadai," ujarnya.

Sebagai gambaran, dia menerangkan, anggaran yang ada saat ini hanya Rp8 miliar yang diperuntukkan lima kabupaten tersebut, khususnya Kabupaten Bone dan Enrekang dengan kasus yang sangat tinggi. Untuk menurunkan stunting, pihaknya tengah menggenjot program Gammara'na atau (Gerakan Masyarakat Memberantas Stunting) sebagai upaya menekan angka gagal pertumbuhan anak tersebut.

Saat ini Pemprov Sulsel tengah menggenjot program Gammara'na atau (Gerakan Masyarakat Memberantas Stunting) untuk menekan angka tersebut. (mdk/fik)

Baca juga:
Meningkatkan Psikososial Anak dengan Taman Bermain
Mencegah Stunting dengan Pemeriksaan Rutin Kehamilan di Puskesmas
Pemerintah Klaim Angka Stunting Indonesia Turun 3,1 Persen
Berantas Stunting, Edhy Prabowo Usul Ganti MSG dengan Penyedap Rasa dari Ikan
Tekan Angka Stunting Menjadi 14 Persen, KKP Dorong Masyarakat untuk Konsumsi Ikan
Gunung Kidul Berupaya Turunkan Angka Stunting

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami