160 Senpi Rakitan Sitaan TNI di Perbatasan Malaysia Dipotong-potong

PERISTIWA | 5 Juli 2019 03:32 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kodam VI Mulawarman hari ini memusnahkan 160 pucuk senpi rakitan menggunakan mesin pemotong, bertempat di halaman Kodim 0907 Tarakan, Kalimantan Utara. Seratusan senpi rakitan itu merupakan sitaan dalam 3 tahun terakhir, setelah sebelumnya diserahkan warga kepada prajurit Satgas Pamtas Kodam VI Mulawarman dengan sukarela.

Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Richard Tampubolon mengatakan, kesadaran warga menyerahkan senpi rakitan kepada petugas Satgas Pamtas, lahir dari upaya pendekatan sosial yang dilakukan prajurit kepada masyarakat perbatasan.

'Sehingga masyarakat sadar, dan menyerahkan senjatanya kepada prajurit Satgad Kodam VI Mulawarman yang bertugas di perbatasan Malaysia," kata Richard, dalam keterangan tertulis diterima merdeka.com, Kamis (4/7).

Richard menerangkan, penyerahan senpi rakitan, diantaranya diserahkan sendiri oleh pemangku adat Suku Tidung, Ibrahim Latif, setelah sebelumnya pendekatan sosial terus menerus dilakukan prajurit Satgas Pamtas.

"Jadi, melalui komunikasi Babinsa dan personel Satgas dengan masyarakat, terus menumbuhkan kesadaran masyarakat menyerahkan senpi rakitan jenis penabur itu. Biasanya memang, digunakan warga untuk berburu," sebut Richard.

"TNI memang terus menerus melakukan pendekatan persuasif dan dialogis, memberikan masukan kepada masyarakat tentang bahayanya menyimpan senjata api penabur ini," kata Ibrahim di kesempatan yang sama.

Pelaksanaan tugas Satgas Pamtas selama periode 2016-2019 dilaksanakan oleh satuan kewilayahan yaitu Satgas teritorial oleh Kodim 0911/Nunukan, Kodim 0907/Tarakan dan Kodim 0903/Tanjung Selor serta untuk satgas Pamtas oleh Satgas Pamtas Yonif 611/Awl dan Yonif 621/Mtg, dan juga Yonif Raider 613, sudah terlaksana dengan baik. "Terbukti dari hasil perolehan senjata rakitan yang dimusnahkan hari ini," tambah Richard.

Baca juga:
Kontras Catat Penggunaan Senpi oleh Polisi, 229 Orang Tewas
Perampok Rusia Modifikasi Senjata Serbu SS1 Rampasan dari Anggota Brimob Polda Bali
Senjata Serbu SS1 di Mobil Tak Bertuan Milik Brimob Polda Bali Dirampas Rampok Rusia
Senapan Serbu SS1 Ditemukan di Mobil Avanza Tak Bertuan
Selandia Baru Luncurkan Program Pembelian Senjata Warga oleh Pemerintah
Polisi: 4 Orang Tewas Akibat Luka Tembak Peluru Tajam saat Aksi 22 Mei

(mdk/rhm)