1.620 Relawan Disiapkan Uji Coba Fase Pertama Vaksin Covid-19 Milik Sinovac

1.620 Relawan Disiapkan Uji Coba Fase Pertama Vaksin Covid-19 Milik Sinovac
PERISTIWA | 6 Agustus 2020 21:18 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito menyatakan, akan ada 1.620 orang relawan yang akan terlibat dalam uji klinis tahap tiga Vaksin Sinovac. Fase pertama akan dilakukan pada 11 Agustus 2020 di Bandung, Jawa Barat.

"Pada 11 Agustus 2020, uji kepada relawan dalam fase pertama dari uji klinis ketiga ini di bawah supervisi Universitas Padjajaran. Ditargetnya 1.620 orang akan terlibat sebagai relawan vaksin," ujar Wiku saat jumpa pers di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Sementara itu, hingga kemarin lusa, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac, Kusnandi Rusmil mengatakan, sejauh ini sudah ada 620 relawan yang mendaftar diri untuk ikut serta dalam uji klinis vaksin itu di Kota Bandung.

"Jumlah relawan yang terdaftar sudah 620, rencana akan diuji coba mulai 11 Agustus 2020," kata Kusnandi seperti dilansir dari Antara, Kota Bandung, Selasa 4 Agustus 2020.

Sebelum pendaftaran uji vaksin Covid-19 itu dibuka, sudah banyak calon relawan juga yang ingin mengikuti uji vaksin itu.

Meski sudah ada 620 relawan yang terdaftar, namun menurutnya permintaan keikutsertaan masyarakat lain juga cukup banyak.

Sejauh ini, menurut Kusnandi, belum ada pejabat publik yang mendaftar untuk menjadi relawan uji vaksin Covid-19 itu. Meski demikian, para pejabat juga tetap mendukung pelaksanaan uji vaksin tersebut.

"(Kalau ASN) belum ada ya, paling dokter teman-teman saya di daerah, kan harus orang Bandung," kata dia.

Dia mengatakan, proses tahap awal uji vaksin itu bakal dilakukan pada 11 Agustus 2020 mendatang. Nantinya proses itu bakal diawali dengan melakukan tes usap terhadap para relawan.

"Nanti yang mendaftar diperiksa kesehatannya, banyak syarat. Mungkin ada yang tidak bisa ikut," kata dia.

Uji klinis itu, kata dia, nantinya akan melibatkan sekitar 20 dokter spesialis dan 30 dokter umum. Dalam satu hari, menurutnya uji vaksin itu hanya akan diikuti oleh sekitar 20-25 relawan di tiap tempat.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami