17 Kepala Daerah Terpilih di Jatim Dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya

17 Kepala Daerah Terpilih di Jatim Dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. ©2019 Merdeka.com/Moch Andriansyah
PERISTIWA | 25 Februari 2021 01:17 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - 17 Kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 di Jawa Timur dijadwalkan dilantik serentak di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Mereka bakal dilantik secara langsung dan terbatas oleh Gubernur pada Jumat (26/2) mendatang.

Untuk membatasi jumlah pihak yang hadir, protokol Gubernur hanya akan mengundang kepala daerah dan wakil terpilih beserta istri saja.

"Pelantikan digelar sangat terbatas hanya 25 orang dalam ruangan pelantikan. Nanti hanya kepala dan wakil kepala daerah didampingi istri," ujar Kepala Biro Admisnistrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim Jempin Marbun, Rabu (24/2).

Dia menambahkan, selain undangan yang telah ditentukan, pihaknya menyarankan untuk menyaksikannya secara virtual saja. "Rombongan menyaksikan dari daerah masing-masing secara virtual," katanya.

Untuk menghindari kerumunan, pelantikan digelar dalam 3 sesi. Sesi 1 pukul 09.00 Wib diikuti 6 pasang kepala daerah. Sesi 2 pukul 13.00 Wib juga untuk 6 pasang kepala daerah, dan sesi terakhir pukul 16.00 Wib diikuti 5 pasang kepala daerah.

Para kepala daerah akan dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa selaku kepanjangan tangan pemerintah pusat di daerah.

Lalu, mengapa tak dilakukan pelantikan secara virtual disituasi pandemi ini, menurut Jempin, awalnya sempat ada pilihan tersebut. Namun karena prosesi pelantikan ini merupakan momen yang sangat sakral, akhirnya diperbolehkan dilantik langsung namun dengan sangat terbatas.

Ada 17 pasangan kepala daerah asal Jatim yang dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya Jumat besok. Ke-17 pasangan kepala daerah itu Ponorogo, Trenggalek, Kediri, Ngawi, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sumenep, Situbondo, Banyuwangi, Jember, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Sementara itu, masih ada 2 daerah di Jatim yang belum bisa dilantik serentak Jumat besok, karena masa jabatan kepala daerah lama berakhir tidak pada 17 Februari 2021, meski sudah ada pemenang pada Pilkada serentak 2020.
Yakni kepala daerah Kabupaten Tuban yang masa jabatannya berakhir pada 20 Juni 2021, dan Kepala Daerah Kabupaten Pacitan yang masa jabatannya berakhir pada 4 April 2021. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami