17 Orang Diperiksa Polisi Terkait Bentrokan Ormas di Bekasi

17 Orang Diperiksa Polisi Terkait Bentrokan Ormas di Bekasi
PERISTIWA | 22 Mei 2020 18:18 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota memeriksa sebanyak 17 orang yang diduga terlibat keributan melibatkan organisasi masyarakat Pemuda Pancasila (PP) dan organisasi silat PSHT di Bintara, Bekasi Barat pada Kamis (21/5) malam sekitar pukul 18.30 WIB.

"Kita belum selesai pemeriksaan," kata Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari ketika dihubungi pada Jumat (22/5).

Menurut dia, 17 orang tersebut dianggap sebagai provokator yang menyebabkan keributan dua kelompok massa. Akibat pertikaian itu, menyebabkan empat sepeda motor rusak dibakar oleh ormas Pemuda Pancasila.

"Diperiksa di Polres," kata dia.

1 dari 1 halaman

Bentrokan terjadi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kecamatan Bekasi Barat dipicu persoalan tagihan uang kopi. Menurut polisi, pemilik warung kopi, Toto menagih lantatan setiap malam anggota ormas yang berada di posnya tak pernah membayar.

Toto menagihnya karena berjualan sedang sepi akibat pandemi virus corona. Rupanya tagihan uang kopi menimbulkan keributan kecil hingga perkelahian. Seorang anggota ormas PP dibanting hingga luka di kepala. Hal ini membuat tiga anggota ormas PP di lokasi mengeroyok Toto dan menantang organisasi PSHT.

Meskipun keributan telah diselesaikan di Mapolsek Bekasi Kota, rupanya massa dari dua kelompok justru berkonsentrasi di Jalan I Gusti Ngurah Rai. Kedua massa terlibat saling lempar. 4 Sepeda motor dibakar, dan toko dirusak.

Polisi yang menerima laporan segera ke lokasi, membubarkan massa. Perdamaian tahap kedua digelar di Mapolsek Bekasi Kota. Kedua belah pihak sama-sama sepakat untuk menahan diri. Adapun proses hukum tetap berlanjut di kepolisian. (mdk/ray)

Baca juga:
Kapolda Jabar Turun Tangan Bubarkan Bentrok Dua Ormas di Sukabumi
Dimediasi Wali Kota Bogor, 2 Ormas Terlibat Bentrok Sepakat Berdamai
19 Orang Diamankan Usai Bentrokan Ormas di Cikampek
Bima Arya Sebut Bentrok Dua Ormas Akibat Pengaruhi Minuman Keras
Bentrok Ormas di Bogor Dipicu Aksi Balas Dendam

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami