17 WNI Asal Sulsel yang Selesai Dikarantina Akibat Corona Tiba di Makassar Besok

PERISTIWA » MAKASSAR | 15 Februari 2020 11:17 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Sebanyak 17 WNI asal Sulawesi Selatan yang sudah menjalani observasi virus corona di Natuna, Kepulauan Riau dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Minggu (16/2) pukul 02.00 Wita. Mereka merupakan mahasiswa yang tengah kuliah di China.

Kepala Badan Perhubungan Daerah Sulsel, Ezra Silalahi menjelaskan dari 17 orang tersebut, satu di antaranya laki-laki dan enam belas lainnya perempuan. Sebagian besar mereka berasal dari Kota Makassar. Selebihnya berasal dari Kabupaten Toraja, Toraja Utata, Luwu Utara, Luwu Timur, Bulukumba dan Kabupaten Pinrang.

"Alhamdulillah mereka semua negatif, tidak terjangkit corona. Pemerintah pusat yang mengurus pemulangannya dari Natuna ke Jakarta, lalu dari Jakarta ke Makassar, kami dari Pemprov Sulsel yang mengurusnya, sesuai instruksi dari pihak Depdagri bahwa akan diurus masing-masing pemerintah propinsi. Hanya sampai di bandara, selanjutnya dijemput keluarga masing-masing," kata Ezra saat dikonfirmasi, Sabtu (15/2).

Ezra menyebutkan 238 WNI di Natuna akan 'take off' dari Natuna pukul 13.00 WIB dengan pesawat TNI Angkatan Udara dan dijadwalkan tiba pukul 16.00 WIB di Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur.

Upacara serah terima ratusan WNI itu akan dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), selanjutnya Kemendagri menyerahkan kepada pemerintah provinsi masing-masing.

"Kemendagri akan menyerahkan warga dari Natuna ke pemda setempat, jadi dari Badan Penghubung Sulsel yang berkedudukan di Jakarta yang akan menerima warga Sulsel," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Berdasarkan data Badan Penghubung Sulsel, terdapat 18 warga Sulsel yang telah mendapat observasi ketat di Natuna. Namun hanya 17 orang yang akan pulang dan satu orang lainnya masih tinggal di Jakarta.

"Dia katanya masih ada tugas yang harus diselesaikan di Jakarta. Kemungkinan ada keluarganya juga di sana yang sudah menunggu. Jadi baru balik Makassar dua hari setelahnya," terang Ezra.

Usai serah terima, selanjutnya 17 orang yang merupakan mahasiswa tersebut akan dibawa ke Bandara Soekarno Hatta untuk dipulangkan ke Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka terdiri dari seorang pria dan selebihnya perempuan

"Jadi kami sudah informasikan juga ke keluarganya untuk datang langsung menjemput mereka. Tanpa ada seremonial penyambutan," tandasnya.

Adapun asal 18 orang WNI Sulsel yang telah diobservasi di Pulau Natuna, Provinsi Riau terkait virus COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) yaitu Kota Makassar 8 orang, Kabupaten Bulukumba 3 orang, Tana Toraja 3 orang, Luwu Timur 1 orang, Luwu Utara 1 orang, Gowa 1 orang dan Pinrang 1 orang. (mdk/ray)

Baca juga:
Selesai Dikarantina, Ratusan WNI di Natuna akan Dilepas dengan Acara Adat
WNI yang Dikarantina Pulang Hari Ini, Istana Berterima Kasih ke Warga Natuna
Menkes Terawan dan Kepala BNPB Jemput WNI yang Dikarantina di Natuna
Anies Ajak Masyarakat Terima Baik Warga Jakarta usai Observasi di Natuna
Potret Pengantin di China Menikah Menggunakan Masker Karena Corona
Ganjar Harap Warga Pulang Kampung Setelah Diobservasi di Natuna Tak Dikucilkan
Kabar Pasien Corona di RSUP H Adam Malik Medan Dipastikan Hoaks
Dinkes Beri Pendampingan 12 Warga DKI Pulang Diobservasi di Natuna

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.