18 Calon TKI ilegal hendak diselundupkan ke Malaysia

18 Calon TKI ilegal hendak diselundupkan ke Malaysia
PERISTIWA | 5 Oktober 2017 22:09 Reporter : Nur Aditya

Merdeka.com - Aparat Polres Nunukan di Kalimantan Utara, menggagalkan upaya penyelundupan 18 orang warga berbagai daerah tujuan Tawau, wilayah bagian Sabah, Malaysia. Terduga pelaku penyelundup, Usman Mandar (45), meringkuk di penjara.

Belasan orang itu gagal ke Tawau, Rabu (4/10) malam kemarin. Awalnya, dari informasi warga, polisi akhirnya mengendus pergerakan kapal di perairan Nunukan, yang diduga mengangkut belasan orang tujuan Tawau.

"Itu jelang tengah malam kemarin ya. Tim gerak cepat, melakukan penyergapan di perairan," kata Kapolres Nunukan AKBP Jepri Yuniardi, dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (5/10) malam.

"Begitu personil menyergap, dan cek isi kapal, ternyata benar ada belasan orang di dalam kapal, hendak diberangkatkan ke Tawau. Motorisnya, ya si Usman Mandar ini, kita amankan," ujar Jepri.

Digelandang petugas, Usman pun pasrah. Belasan orang di kapal itu, lantas digiring menuju ke kota Nunukan, untuk pemeriksaan lanjutan. "Diperoleh keterangan, belasan orang ini mau dijadikan TKI. Pastinya TKI ilegal ya," tegas Jepri.

Jepri menjelaskan, upaya penggagalan penyelundupan orang ke Malaysia sebagai TKI di negeri jiran tanpa melalui prosedur resmi, sudah kesekian kalinya dilakukan aparat Polres Nunukan.

"Lumayan sering ya. Jadi, semakin sering kita patroli, mereka ini semakin banyak cara menyelundupkan ke Malaysia. Mencari titik lengah. Kan mereka ini hendak diselundupkan malam-malam," ujar Jepri.

"Yang jelas, personil saya rutin patroli di perairan. Karena sekali lagi bahwa para terduga penyelundup ini, mungkin mengira kalau malam kita lengah. Oh, yang penting kita (polisi) jangan lengah," ungkap Jepri.

Usman kini meringkuk di sel penjara Polres Nunukan. Polisi menjeratnya dengan Undang-undang Nomor 06 tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Undang-undang Nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri.

Selain itu, polisi juga menyita barang bukti sejumlah paspor dan mesin kapal 40 PK, berikut kapal yang digunakan tersangka Usman. "Ngakunya tersangka ini baru sekali menyelundupkan. Tapi keterangannya itu masih kita dalami," pungkasnya. (mdk/gil)

Dipijat, Dubes Rusdi Kirana beri RM 100 untuk TKI 'Saya Mau Sukses'

Cara jitu Dubes Rusdi Kirana hentikan TKI informal ke luar negeri

TKI ilegal ogah ikut program pengampunan, ini sebabnya

Siti Aisyah, WNI terduga pembunuh Kim Jong-nam terancam digantung

WN Malaysia mau berangkatkan 13 WNI buat jadi TKI pakai jet pribadi

Indonesia desak Malaysia hukum majikan pekerjakan TKI ilegal

25 Persen tenaga kerja asing ilegal di Malaysia asal Indonesia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami