19 Nelayan Ditahan Otoritas India Dipulangkan

19 Nelayan Ditahan Otoritas India Dipulangkan
PERISTIWA | 2 Desember 2020 00:33 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Sebanyak 19 nelayan Aceh yang ditangkap otoritas India segera dipulangkan ke Indonesia pada 12 Desember 2020 mendatang. "Nelayan KM Selat Malaka itu akan dipulangkan dan tiba di Aceh pada 12 Desember 2020," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, di Banda Aceh, Selasa (1/12).

Miftach mengatakan, para nelayan Aceh tersebut dibebaskan otoritas India karena telah menyelesaikan masa hukuman selama satu tahun penjara. "Iya para nelayan Aceh itu sudah selesai menjalani hukuman selama satu tahun," ujarnya.

Miftach menjelaskan, 19 nelayan Aceh itu sebelumnya berangkat melaut pada Desember 2019 menggunakan KM Selat Malaka 64 GT 59. Kemudian, mereka ditangkap oleh petugas keamanan laut India pada 24 Desember 2019.

Kata Miftach, para nelayan itu bisa sampai ke perairan India karena kapal yang mereka bawa mengalami kerusakan mesin sehingga terbawa ombak hingga memasuki batas teritorial laut India

"Kapal yang dinakhodai oleh Samsul Bahri mesinnya rusak, dan akhirnya ditangkap oleh petugas patroli India di perairan Nikobar," kata Miftach.

Dengan dipulangkannya 19 orang tersebut, maka nelayan Aceh yang masih berada di India tinggal 31 orang lagi dari sebelumnya 50 nelayan. (mdk/gil)

Baca juga:
Nelayan Lobster Dinilai Belum Sejahtera Meski Keran Ekspor Benur Dibuka
Tanpa Budidaya, Lobster Terancam Hilang dari Indonesia
Curhatan Nelayan, Edhy Prabowo Lebih Berpihak ke Pengusaha
BMKG Perkirakan Cuaca Ekstrem, Nelayan Muara Angke Pulang Lebih Cepat
Dua Nelayan Tewas Tenggelam saat Cari Ikan di Pantai Teluknaga
Tak Hanya Bangun Pelabuhan, Pemerintah Perbaiki Kondisi Nelayan Patimban

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami