192.000 Personel Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru

PERISTIWA | 16 Desember 2019 15:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, kepolisian akan menggelar operasi kemanusiaan yang dinamakan Operasi Lilin. 192.000 Personel gabungan akan diterjunkan dalam operasi tersebut.

Rencananya personel tersebut akan diletakkan pada pos-pos tertentu. Mereka mulai disiagakan sekitar tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

"Insya Allah nanti mulai tanggal 23 Desember sampai tanggal 1 Januari 2020," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra di Jakarta, Senin (16/12).

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Komisi III DPR RI meminta Polri dan BIN meningkatkan pengawasan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru. Pernyataan ini disampaikan pascaledakan sebuah granat di Monas pada saat masyarakat tenang berolahraga.

"Personil tersebut terdiri dari TNI, Polri dan juga Pemerintah Daerah lain dan lembaga-lembaga terkait," tambahnya.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menjelaskan Polri punya strategi dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Strategi dimaksud, di antaranya rekayasa lalu lintas, mengoptimalkan harkamtibmas dan penegakkan hukum terhadap jaringan teror secara senyap untuk menghindarkan kegaduhan.

Reporter Magang: Bagus Kusumo Sejati (mdk/ded)

Baca juga:
Hati-Hati Buat Mudik Natal, 5.000 Bus Tak Lolos Uji Kelaikan
Libur Natal, Jumlah Transaksi Bank Mandiri Diprediksi Capai 2.725 per Detik
Hadapi Natal dan Tahun Baru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp33,5 Triliun
Jelang Natal, Polri Fokuskan Pengamanan Gereja dan Jemaat Beribadah
Jokowi Ingatkan Soal Kerukunan dan Toleransi Jelang Natal dan Tahun Baru

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.