2 Hektare Gambut di Ogan Ilir Terbakar, Petugas Selidiki Pemilik Lahan

2 Hektare Gambut di Ogan Ilir Terbakar, Petugas Selidiki Pemilik Lahan
Lahan gambut di Ogan Ilir terbakar. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 21 Juni 2021 19:26 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, kembali terjadi. Kali ini dua hektare lahan gambut terbakar.

Karhutla terjadi di Desa Parit, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir, Senin (21/6). Api pertama kali diketahui muncul pukup 13.00 WIB dan baru dapat dipadamkan pukul 16.25 WIB.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengungkapkan, tipe kebakaran di lahan itu di permukaan dengan vegetasi semak belukar yang dipenuhi purun dan rawa-rawa. Jenis tanah bergambut dan masih terdapat kanal berisi air.

"Kebakaran terjadi tadi siang dan sudah terkendali, api padam," ungkap Ansori, Senin (21/6).

Dikatakan, karhutla pertama kali diketahui satgas desa setempat yang dilanjutkan laporan ke satgas udara. Satgas udara langsung mengerahkan dua unit helikopter untuk melakukan water bombing.

Tim BPBD, Manggala Agni, polri, TNI, dan masyarakat, turut memadamkan api dengan menggunakan motor tangki, pompa, jet shuter, dan sprayer. Pemilik lahan masih diselidiki oleh petugas, termasuk penyebab munculnya api.

"Potensi karhutla sangat besar seiring hujan semakin jarang turun yang membuat lahan menjadi kering," pungkasnya. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami