2 Napi LP Cilegon Pengendali 1,1 Ton Sabu Jaringan Timteng Diungkap Polda Metro

2 Napi LP Cilegon Pengendali 1,1 Ton Sabu Jaringan Timteng Diungkap Polda Metro
Rilis Barang Bukti Sabu 1,1 Ton Jaringan Timur Tengah di Mapolda Metro Jaya. ©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
PERISTIWA | 14 Juni 2021 14:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dua Warga Negara (WN) Nigeria yakni CSN dan UCN mengkoordinir lima orang WNI dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) di Cilegon untuk mendistribusikan sabu.

Sebanyak 1,129 ton sabu disita dari jaringan narkoba internasional. Menurut keterangan, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, sabu diproduksi dari Timur Tengah dan Afrika.

"Mereka bekerjasama dengan warga negara baik Indonesia maupun asing yang menjadi narapidana lapas di Cilegon. Ini juga melibatkan jaringan Timur Tengah dan juga melibatkan pelaku dari lapas," kata Listyo di Polda Metro Jaya, Senin (14/6).

Listyo menyebut, 1,129 ton sabu disita dari empat lokasi yaitu Gunung Sindur Bogor, Ruko Pasar Modern Bekasi Town Square, Apartemen Basura Jakarta Timur, dan Apartemen Green Pramuka Jakarta Pusat. Rencananya, akan disebar ke sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Rencana diedarkan untuk wilayah Jakarta dan wilayah Jawa Barat, nah berkaitan pengembangan selanjutnya akan lebih jelas kalau seluruh pelaku sudah tertangkap," ujar dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan, dua orang pelaku yakni CSN dan UCR mengendalikan kawanan dari Lapas.

"Kedua orang ini adalah Napi di salah satu lapas yang ada di sini," ujar dia.

Yusri mengatakan, para pelaku diduga termasuk jaringan timur tengah. Bukan tanpa bukti, Yusri berkata demikian setelah mengamati kemasan sabu yang disita.

"Coba lihat barang bukti ini salah satunya, dengan tulisan arab. Ada tulisan arabic dengan beberapa barbuk lain," tuturnya.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
4 Kaki Tangan Napi Ditangkap di Aceh, 5 Kg Sabu-Sabu Disita
Terlibat Peredaran Narkoba, Pegawai Lapas di Indragiri Hilir Dipecat
Pengunjung Coba Selundupkan Sabu dalam Cabai ke Lapas
Tahanan di Sumut Ditangkap Usai Kendalikan Peredaran Sabu dari Dalam Lapas
Masuk Jurang, Kurir Sabu dari Kaltara Kabur ke Hutan Saat Dikejar BNN

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami