2 Pemuda di Jayawijaya Serang Polisi dan Coba Rampas Senpi

2 Pemuda di Jayawijaya Serang Polisi dan Coba Rampas Senpi
Korban menjalani perawatan di RSUD Wamena. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 4 Mei 2021 17:08 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Seorang anggota Polres Lanny Jaya, Papua, Aipda Jhonatan Bangun, menjadi korban penganiayaan. Senjata api (senpi) yang dipegangnya juga coba dirampas.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Trans Kimbim Distrik Hubikosi, Kabupaten Jayawijaya, Selasa (4/5). Seorang pelaku atas nama Ones Elopere (24) ditangkap, sedangkan rekannya Yakob Meaga (22) melarikan diri.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, peristiwa ini terjadi saat korban berkendara menuju Kabupaten Lanny Jaya sekitar pukul 06.00 WIT.

"Memasuki Distrik Hubikosi melewati jembatan, tiba-tiba korban diadang dua orang pemuda yang hendak menyerang korban. Dengan spontan korban mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak 3 kali ke arah atas," kata Kamal dalam keterangannya.

Kedua pelaku tetap melakukan penyerangan dengan cara menikam dan memukul Jhonatan dengan kayu balok. Namun, senjata tajam terhalang rompi yang dikenakan korban.
Kedua pelaku mencoba merampas senpi Jhonatan. "Korban melakukan perlawanan dengan melepaskan tembakan melumpuhkan yang mengenai paha kiri pelaku Ones Elopere, sedangkan pelaku Yakob Meaga melarikan diri," ujar Mustofa.

Sekira pukul 06.10 WIT, seorang sopir yang melintas di lokasi melihat kejadian itu. Dia melaporkannya ke Polsek Kimbim.

"Pukul 06.12 WIT, personel Polsek Kimbim melaporkan kejadian tersebut ke Polres Jayawijaya. Pukul 06.14 WIT, personel Polsek Kimbim dan personel Koramil Asologaima yang di-back-up personel Polres Jayawijaya langsung mendatangi TKP," jelasnya.

"Pukul 06.18 Wit, mobil ambulans Batalyon 756 mendatangi TKP dan menjemput korban untuk dievakuasi ke RSUD Wamena guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," sambungnya.

Karena pelaku melarikan diri, polisi pun kemudian melakukan pengejaran. "Pukul 08.35 WIT, personel Polres Jayawijaya serta anggota Polsek Kimbim dan personel Koramil Asolokobal berhasil mendapatkan pelaku yang dilumpuhkan korban," ujarnya.

"Pukul 08.45 Wit, pelaku dilarikan ke Klinik Polres Jayawijaya dan selanjutnya dirujuk ke RSUD Wamena untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," tutupnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Jaringan Internet Terganggu, RSUD Jayapura Tak Bisa Akses Data BPJS
Momen Prajurit TNI di Papua Pamitan dengan Warga, Penuh Haru & Pelukan
KKB Bakar Gedung Sekolah dan Puskesmas serta Rusak Tiga Jalan di Papua
Kapolda Pastikan Gangguan Jaringan Telekomunikasi di Papua Bukan Cipta Kondisi
Polri Soal Ancaman dari KKB di Papua: Negara Tidak Boleh Kalah dengan Kelompok Ini
Polri Pastikan Lindungi Masyarakat Papua dari KKB

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami