2 Rumah Hanyut Diterjang Banjir di Barru Sulsel, Bak Drump Truk Terangkat

2 Rumah Hanyut Diterjang Banjir di Barru Sulsel, Bak Drump Truk Terangkat
Bak Dump Truk Terangkat. BPBD Sulsel
NEWS | 7 Maret 2022 11:30 Reporter : Ihwan Fajar

Merdeka.com - Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel). Daerah terparah terdampak banjir yakni Kelurahan Mallawa dan Bojo Baru, Kecamatan Mallusetasi yang menyebabkan 2 rumah rusak dan 2 terbawa arus sungai.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Andi Wahid mengatakan, cuaca ektrem yang terjadi dalam tiga hari terakhir di Sulsel menyebabkan banjir di Kabupaten Barru. Wahid mengungkapkan daerah terdampak paling parah yakni Kelurahan Mallawa. Sebuah dump truk bahkan terjerembab banjir hingga bak-nya terangkat.

"Banjir terjadi sejak Minggu dini hari akibat bagian sungai dan abrasi di beberapa titik di Kecamatan Mallusetasi, Barru," ujar Wahid melalui pesan WhatsApp, Senin (7/3).

Wahid mengungkapkan di Kelurahan Mallawa terdapat dua rumah mengalami kerusakan akibat abrasi sungai. Banjir juga menggenangi Koramil dan Polsek Mallusetasi.

"Dua rumah warga rusak sedang dan ringan. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas jalan poros lintas Sulawesi macet," kata dia.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Rumah Rusak

Wahid menambahkan 2 rumah warga di Desa Bojo, Kelurahan Mallusetasi juga mengalami kerusakan sedang. Banjir menggenangi Desa Bojo akibat rusaknya tanggul penahan jembatan.

"Di Desa Bojo ada tanggul penahanan jembatan yang rusak. Di sana ada 2 rumah mengalami kerusakan akibat abrasi sungai," ujar dia.

Sementara di Kelurahan Bojo Baru, kata Wahid, dua rumah warga hanyut dibawa arus sungai. Banjir juga merusak sebuah perahu nelayan dan menggenangi 30 rumah warga.

"Dua rumah dan sebuah perahu rusak akibat hanyut terbawa arus sungai. Bronjong sungai rusak dan hanyut kurang lebih 200 meter," kata Wahid.

Wahid menambahkan saat ini sebanyak 18 orang warga di Kecamatan Mallusetasi, Barru telah mengungsi ke tempat lebih aman. Pemerintah setempat juga telah melakukan peninjauan lokasi terdampak dan melakukan pemberian bantuan logistik.

"Tidak ada korban jiwa," tutup dia. (mdk/gil)

Baca juga:
Banjir dan Longsor Landa Minahasa Selatan, 97 KK Terdampak
Sungai Lawean dan Rejoso Meluap, 340 Rumah di Pasuruan Terendam Banjir
Penampakan Hanggar Pesawat di Australia Terendam Banjir
Banjir Berangsur Surut, Warga di Kabupaten Langkat Diminta Tetap Waspada dan Siaga
319 Rumah di Singkil Manado Kebanjiran, Warga Dievakuasi Pakai Perahu Karet
Banjir di Klaten, 295 Rumah Hingga Ponpes Terdampak
Dua Kecamatan di Probolinggo Terendam Banjir, 1.061 Rumah Terdampak

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami