2 WN Turki dibekuk saat hendak bobol ATM di Gili Trawangan

PERISTIWA | 21 Juni 2016 15:19 Reporter : Dede Rosyadi

Merdeka.com - Dua warga negara asing (WNA) asal dari Turki, berinisial AZ dan VI, ditangkap sesaat hendak membobol sebuah atm yang berada di kawasan wisata Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, menggunakan card skimmer.

Kasubdit IV Cyber Crime Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda NTB AKBP Darsono Setyo Adjie membenarkan penangkapan itu, bahwa aksi kedua WNA asal Turki itu dilakukan pada Jumat (17/6) lalu.

"Jadi cyber crime di sini sifatnya membantu Polres Lombok Barat untuk menyelesaikan kasusnya, karena ini berhubungan dengan persoalan ITE (Informasi dan transaksi elektronik," kata Darsono di Mataram, Selasa (22/6).

Untuk itu, peran tim cyber crime dalam persoalan ini, kata dia, hanya sebatas memberikan asistensi penanganan kasusnya.

Darsono menuturkan tim penyelidik Satreskrim Polres Lombok Barat sudah mengamankan sejumlah alat bukti dan keterangan pelaku.

"Yang jelas ada sejumlah alat yang diduga sejenis card skimmer ikut diamankan," jelasnya. Dikutip dari Antara.

Card skimmer merupakan sebuah perangkat yang sengaja dipasang di depan mulut keluar masuk kartu ATM. Perangkat canggih yang menyerupai aslinya ini, kemudian dapat terkoneksi dengan mesin ATM untuk membaca dan merekam data kartu ATM.

Biasanya perangkat ini digunakan pelaku kejahatan untuk menarik uang tunai dari mesin ATM, menggunakan kode PIN ATM sebelumnya sudah melakukan transaksi di ATM. Perangkat sederhana ini sekarang diketahui sudah banyak diperjualbelikan secara bebas melalui sejumlah situs online.

Sehubungan dengan modus pelaku menggunakan card skimmer untuk membobol ATM ini terbilang baru terjadi di wilayah NTB. Darsono tidak ingin gegabah dalam membantu Polres Lombok Barat menyelesaikan kasusnya.

Melainkan, pihak kepolisian hingga kini masih terus melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut, dan rencananya card skimmer ini akan di uji coba sesuai dengan dugaannya dapat menarik uang secara tunai menggunakan kode pin ATM milik orang lain. (mdk/cob)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.