20 Kabupaten Kota di Jateng Diminta Percepat Vaksinasi Covid-19

20 Kabupaten Kota di Jateng Diminta Percepat Vaksinasi Covid-19
Siswa SD disuntik vaksin Covid-19 di Tangerang. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 21 Oktober 2021 23:43 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin meminta peningkatan capaian vaksinasi Covid-19 di 20 kabupaten/kota. Peningkatan upaya di wilayah Jateng sebagai tindak lanjut atas pelonggaran PPKM sesuai level masing-masing daerah.

"Saya harap tiap daerah digenjot vaksinasi. Ketika vaksinasinya tinggi insyaallah akan turun di level 2. Dengan turunnya ini akan terjadi peningkatan kegiatan masyarakat karena ada pelonggaran," katanya di Semarang, Kamis (21/10).

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2021, tertanggal 18 Oktober 2021, di Jawa Tengah terdapat 20 kabupaten/kota yang masuk ke dalam level 3 PPKM. Dia menyarankan santri gayeng dapat mengambil peran berkoordinasi dengan pemerintah atau ponpes yang menyelenggarakan vaksinasi.

"Santri bisa berkoordinasi dengan Dandim, Kapolres, dan Pemda setempat untuk berpartisipasi untuk meningkatkan vaksinasi," jelasnya.

Sebagai informasi, di Jawa Tengah terdapat 20 kabupaten/kota level 3 PPKM. Semuanya adalah, Wonosobo, Temanggung, Kabupaten Tegal, Rembang, Purworejo, Purbalingga, Pemalang, Pati, Kabupaten Magelang, Kudus, Kota Pekalongan, Kebumen, Cilacap, Banjarnegara, Kabupaten Pekalongan, Jepara, Grobogan, Brebes, Blora, dan Batang.

Di dalam Instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2021 menyebutkan, indikasi penurunan level Kabupaten Kota dari level 3 menjadi level 2, dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 50 persen. Capaian vaksinasi dosis pertama lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40 persen.

Kemudian, penurunan level Kabupaten/Kota dari level 2 menjadi level 1, dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 70 persen. Capaian vaksinasi dosis pertama lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 60 persen. (mdk/fik)

Baca juga:
Vaksinasi Covid-19, Nakes TNI AL Disebar ke Pelosok Kabupaten Bogor
Vaksinasi Baru 33%, Jokowi Minta Kalsel Kerja Keras Agar Target Segera Tercapai
Ma'ruf Amin Minta Perangkat Daerah Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19
Jemaah Umrah akan Diberi Kartu Scan Sertifikat Vaksin Sebelum Berangkat ke Saudi
Arab Saudi Berikan Suntikan Booster Vaksin Covid untuk Warga Berusia 18 Tahun ke Atas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami