20 Kecamatan di Cirebon Terendam Banjir

20 Kecamatan di Cirebon Terendam Banjir
banjir. Merdeka.com/Arie Basuki
PERISTIWA | 9 Februari 2020 09:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Tingginya intensitas hujan menyebabkan beberapa wilayah di Cirebon banjir. Terlebih, hujan terus mengguyur wilayah Pantura, Jawa Barat sejak beberapa hari lalu. Akhirnya banjir menggenangi pemukiman di sebelah utara, barat dan selatan Cirebon.

"Ini yang terparah dari beberapa peristiwa banjir hari kemarin ratusan rumah terendam dan sungai dari pagi sampai siang terus meluap," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra, Sabtu (8/2).

Banjir di Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon tersebut bermula dari hujan yang mengguyur selama kurang lebih empat jam sejak Jumat malam.

Guyuran hujan deras itu menyebabkan Sungai Condong meluap dan hampir mencapai ketinggian satu meter. Dadan mengatakan, air yang meluap juga akibat kiriman dari sungai di atasnya.

"Warga terdampak banjir dari pendataan kami ada 3 Rw kalau rumah ada 600 unit terendam. Tim SAR gabungan langsung turun ke lokasi melakukan evakuasi warga posko darurat," kata dia.

Dia mengatakan, tingginya luapan air juga disebabkan tanggul penahan tanah di Sungai Condong jebol. Ditambah lagi, banjir kiriman dari sungai yang ada di hulu.

Baca Selanjutnya: Dadan menyebutkan Sungai Condong merupakan...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami