2.000 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Aksi 212 di Patung Kuda

2.000 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Aksi 212 di Patung Kuda
PERISTIWA | 21 Februari 2020 12:33 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan siap menurunkan ribuan personel gabungan bersama TNI guna mengamankan aksi di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Aksi 'Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI' tersebut rencananya akan diikuti oleh Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan Persaudaraan Alumni (PA) 212.

"Kesiapan untuk kegiatan hari ini ada kegiatan massa dari rekan-rekan 212 yang mungkin rencana setelah salat Jumat nanti di Patung Kuda. Kesiapan pengamanan dari Polda Metro Jaya bersama teman-teman dari TNI dan Polres Jakarta Selatan sudah siap, dengan kekuatan sekitar 2.000 personel yang kita turunkan untuk kesiapan pengamanan siang nanti," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (21/2).

Aksi rencananya digelar selepas salat Jumat sampai dengan sore hari. Berdasarkan permohonan izin yang disampaikan PA 212, FPI dan GNPF aksi akan berlangsung damai.

"Pelaksanaan kegiatan setelah solat Jumat, memang dalam pemberitahuan kemarin sampai dengan 18.00 WIB, tapi hasil koordinasi ini kegiatan yang damai, menurut korlip yang ada. Intinya adalah Polri dalam hal ini siap mengawal dan mengamankan kegiatan ini sampai dengan selesai sesuai yang diatur UU no 9 tahun 2019 tentang penyampaian pendapat di muka umum, batas waktu 18.00 WIB," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Menurut Yusri, belum ada rencana pengalihan arus lalu lintas jelang aksi. Namun, ia tidak menutup kemungkinan akan ada pengalihan lalu lintas.

"Situasional, kita melihat kekuatan nanti teman-teman yang akan melaksanakan penyampaian pendapat di muka umum nanti. Penutupan jalan situasional, kalau memang harus dengan penutupan, kita siapkan di titik-titik di mana pengalihan arus, personel sudah kita floating," ungkapnya.

"Ini bukan yang baru, sering dilakukan penyampaian pendapat di muka umum di Monas. Apapun sudah kita siapkan, situasional, kita lihat situasi bagaimana perkembangan di lapangan," sambungnya.

Yusri menyebut, untuk jumlah massa aksi sendiri diperkirakan mencapai ribuan orang. Namun, aksi tersebut dipastikan akan berjalan kondusif.

"(Jumlah massa) Enggak sampai 2.000, 1.000 sampai dengan 2.000 (massa)," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Rumah Dilempari Batu, Slamet Maarif Duga Terkait Rencana Aksi 212 di DPR
PA 212 akan Gelar Aksi Besar-besaran di DPR Desak Ungkap Kasus Jiwasraya
Kemendagri Tak Masalah Anies Berseragam Dinas ke Reuni 212: Masa Dia Pakai Gamis
Musisi Iwan Fals Puji Aksi Reuni 212: Saya Sepakat
Pesan PKS ke PA 212: Jadikan Reuni Sebagai Komitmen Mengokohkan Persatuan Bangsa
Tak Ikut Acara Reuni 212, Mulan Jameela Hadiri Acara Seminar di Bali

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami