2.132 Buku Koleksi Perpustakaan Kota Malang Bisa Diakses di HP

PERISTIWA » MALANG | 13 Desember 2019 00:05 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - 2.132 judul buku koleksi perpustakaan Kota Malang dapat diakses secara digital lewat aplikasi Malang Cilin. Buku tersebut dapat diakses lewat aplikasi yang sudah diunduh dari Google Playstore.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, Malang Cillin akan membantu masyarakat mendapatkan buku bacaan yang menjadi koleksi perpustakaan. Masyarakat dapat membaca dari handphone di posisi masing-masing, sehingga tidak perlu datang ke Perpustakaan Umum Kota Malang.

"Cilin itu singkatan dari City Librari Informasi, perpustakaan digital. Koleksinya 2.132 buku, konten lokal kita. Budaya Kota Malang bisa dilihat di sana, tidak usah beli buku," kata Sutiaji di Balaikota Malang, Kamis (12/12).

Aplikasi Malang Cilin Digital Access akan memperkuat Kota Malang sebagai smart city dan sekaligus membangun budaya literasi. Sehingga memang gerakan literasi itu dibangun melalui gawai.

"Konsep tersebut dirasa akan lebih meningkatkan minat baca bagi siswa. Apalagi, saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 dan hampir semua sistem pelayanan berbasis digital," ujarnya.

Hanya saja untuk saat ini aplikasi tersebut masih mendukung sistem operasi Android, sementara versi iPhone tengah dalam proses penyempurnaan. Nantinya juga keseluruhan buku koleksi akan dapat diakses, bahkan koleksi terbarunya.

"Ini dalam rangka ke sana (digitalisasi koleksi perpustakaan). Kita update buku baru juga," tegasnya.

Sementara itu, launching Malang Cilin Digital Access dikemas dalam prosesi pemecahan Rekor MURI 2000 Peserta Membaca dengan Gawai. Kota Malang berhasil memecahkan rekor MURI dengan 2.929 peserta membaca serentak menggunakan aplikasi melalui smartphone. Jumlah tersebut berhasil mematahkan rekor sebelumnya yang pernah dicatat Kota Bandung pada November 2018. (mdk/cob)

Baca juga:
VIDEO: Menengok Ruang Baca di Stasiun MRT Jakarta
'Ruang Baca Jakarta' Sensasi Menikmati Buku Sambil Memandang Ibu Kota
Santai Sejenak di Ruang Baca Jakarta
Minat Baca Anak Indonesia di Bawah Malaysia, Ini Tanggapan Mendikbud Nadiem
Menekan Anak Kecanduan Gadget Lewat Rumah Baca
Viral di Twitter, Wisata Buku Pasar Kenari Kini Ramai Pembeli

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.