217 Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

217 Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh
PERISTIWA | 12 Juli 2020 13:05 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau mencatat sebanyak 217 pasien sembuh dari virus Corona. Sedangkan 11 pasien masih harus menjalani perawatan.

"Sejak awal pandemi Corona, total pasien Covid-19 di Riau mencapai 239 orang. Dari jumlah itu, 217 pasien telah sembuh, dan 11 lainnya meninggal dunia, yang dirawat masih 11 orang," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, Syahrial Abdi, Minggu (12/7).

Dia mengatakan, ada penambahan 1 kasus pasien positif Covid-19 di Riau. Pasien tersebut merupakan warga Pekanbaru, pemuda inisial MT (20).

"Pasien penambahan baru itu sudah diisolasi dan mendapatkan perawatan di rumah sakit rujukan pemerintah di Pekanbaru," jelasnya.

Pasien MT diketahui tertular virus corona pada saat dirinya melakukan rapid tes secara mandiri untuk keperluan perjalanan ke Jakarta. Rapid tes itu dilakukan di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru, dan hasilnya reaktif, pada tanggal 7 Juli 2020 lalu.

Kemudian pada tanggal 9 Juli, dilakukan swab terhadap MT. Ternyata hasilnya terkonfirmasi positif virus corona. Tim gugus tugas belum mengetahui riwayat penularan MT.

"Karena pasien MT tidak pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit, dan juga tidak pernah melakukan kontak dengan pasien positif lainnya," terangnya.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi, meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap. Sebab, saat ini semakin banyak ditemui Orang Tanpa Gejala (OTG) yang positif Corona.

"Pasien positif Corona di Riau ke 239 hari ini, yakni MT (20) adalah salah satu contoh OTG. Ia diketahui positif corona setelah melakukan rapid test untuk syarat pergi ke Jakarta dan hasilnya reaktif," katanya.

Dari hasil penelitian rapid test, kemudian langsung dilakukan pemeriksaan sampel swab. Saat itulah baru diketahui bahwa MT positif corona, meskipun sebelumnya tidak memiliki gejala.

"Jadi cara untuk mencegah tertular virus corona yakni dengan menggunakan masker. Apalagi saat ini sudah dibedakan, mana yang positif corona dan mana yang tidak. Karena dengan menggunakan masker saja, sudah bisa mencegah penyebaran virus corona hingga 70 persen, masker kain juga bisa dipakai," tandasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Sempat Positif Covid-19, Santri Kasus 01 Gontor 2 Dinyatakan Sembuh
Dalam Sehari 1.190 Orang Sembuh dari Covid-19, Tertinggi Selama Pandemi
Seorang Tenaga Kesehatan di Tarakan Dinyatakan Sembuh Dari Covid-19
2 Pasien Covid-19 dari Klaster Unilever Cikarang Dinyatakan Sembuh
Bertambah 60, Total Pasien Covid-19 yang Sembuh di Bali 1.034 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami