22 Daerah Jateng Terdampak Puting Beliung, Kerugian Capai Rp66 Miliar

PERISTIWA » MALANG | 16 Desember 2019 05:00 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Setidaknya 22 daerah di Jawa Tengah terdampak bencana puting beliung dan angin kencang selama musim hujan pada Desember 2019. Tiga daerah yang mengalami rusak parah terdapat di Magelang, Klaten, dan Kabupaten Semarang. Diperkirakan kerugian mencapai Rp66 miliar.

"Totalnya 171 rumah mengalami kerusakan berat akibat disapu puting beliung. Lalu yang rusak ringan terdapat 4.292 rumah dan rusak sedang 1.500 rumah. Paling parah terdeteksi di Magelang, Klaten, Kabupaten Semarang," kata Kepala BPBD Jawa Tengah Sudaryanto, Minggu (15/12).

Dia meminta BPBD Jateng, Bupati dan walikota terbitkan tanggap darurat puting beliung. Ini tujuannya agar Pemprov bisa ikut membantu meringankan beban para korban.

Ia berjanji lewat Pergub Nomor 77 dan Nomor 78, rumah yang usak berat bisa dapat bantuan melalui dana tanggap darurat (DTT) dari Gubernur Ganjar.

"DTT yang ada sekarang Rp23 miliar. Yang baru terpakai Rp6 miliar. Beberapa daerah saat ini sudah mengajukan. Seperti Bupati Pemalang, Wonosobo dan Magelang," katanya.

Lebih jauh lagi, ia menekankan masyarakat juga berperan untuk membangun pemahaman agar sebuah bencana alam harus disikapi dengan bijaksana.

"Hidup di Indonesia juga gempanya banyak. Sekarang musim pancaroba. Mudah-mudahan sampai tahun baru hujannya ringan saja," tutupnya. (mdk/did)

Baca juga:
Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Madiun, Kanopi Parkiran di Stasiun Rusak
Diterjang Angin Puting Beliung Belasan Rumah di Jembrana Rusak
Satu Rumah Warga Serang Ambruk Diterjang Angin Kencang
Angin Puting Beliung Rusak 216 Rumah Warga Mauk Tangerang
Puting Beliung Terjang Manggarai Barat, 3 Rumah dan 1 Gereja Rusak
Warga Khawatir Sembilan Tiang Listrik di Pati Nyaris Roboh Diterjang Puting Beliung

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.