246 Desa di Kabupaten Tangerang Diduga Selewengkan Dana Desa

246 Desa di Kabupaten Tangerang Diduga Selewengkan Dana Desa
PERISTIWA | 12 November 2019 00:03 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) pada Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tangerang dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, senin (11/11).

Pelaporan yang disampaikan Organisasi Penimbang Hukum (OPH) ini atas dugaan pengerjaan program desa yang tidak sesuai prosedur.

"Laporan ini merupakan tindak lanjut dari temuan kami di lapangan, yang mengindikasikan adanya penyimpangan pelaksanaan program yang menggunakan dana desa," kata Ketua OPH Anri Situmeang di Kantor Kejari Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin (11/11).

Lebih jauh, dia menerangkan, dugaan penyelewengan yang dilakukan oleh dua lembaga tersebut karena dalam pelaksanaan program yang menggunakan dana desa sebesar Rp17,2 miliar itu dilakukan oleh pihak ketiga berbentuk badan usaha perseroan terbatas (PT).

"Dugaan penyimpangannya sangat jelas, karena dalam Peraturan Menteri Desa nomor 16 tahun 2018 tentang pemanfaatan dana desa, seharusnya dikelola secara swakelola. Namun pada kenyataannya, dikelola oleh pihak ketiga dan ini memakan dana hingga Rp17 miliar lebih," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Dilakukan Secara Kolektif...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami