27 Orang di Kaltim Diisolasi Terkait Corona, Paling Banyak di Balikpapan

27 Orang di Kaltim Diisolasi Terkait Corona, Paling Banyak di Balikpapan
Aktivitas Relawan hadapi Virus Corona di China. ©2020 STR / AFP
PERISTIWA | 19 Maret 2020 17:28 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Dinas Kesehatan provinsi Kalimantan Timur melansir 27 orang warganya diisolasi terkait penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) Virus Corona atau Covid-19. Kota Balikpapan tercatat paling, dengan banyak 21 PDP, setelah 4 PDP baru masuk hari ini.

"Hari ini, total keseluruhan di Kaltim, PDP ada 39 orang. Satu positif, 11 negatif, dan masih menunggu hasil laboratorium ada 27 orang," kata Plt Kadinkes Provinsi Kaltim, Andi M Ishak di Samarinda, Kamis (19/3).

Menilik data resmi per Rabu (18/3) malam, ada 17 PDP yang diisolasi di 6 rumah sakit di Balikpapan, sambil menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. Sepuluh diantaranya, dirawat di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

Andi menerangkan, 4 PDP baru hari ini, kesemuanya masuk perawatan isolasi di RSUD Kanujoso Djatiwibowo di Balikpapan. "Mereka habis melakukan perjalanan dari Bogor," ujarnya.

"Untuk PDP yang di Balikpapan, secara umum kondisinya membaik. Demikian juga untuk pasien positif Covid-19 di Samarinda, juga membaik," tambah Andi.

Dia menjelaskan, pihaknya melakukan pergeseran dari sumber pos anggaran untuk penanganan kasus Covid-19.

"Kami alokasikan, untuk mencukupi rumah sakit di Kaltim yang merawat pasien isolasi. Nilainya Rp 17,1 miliar. Diantaranya untuk kebutuhan APD (Alat Pelindung Diri)," terangnya.

Kendati demikian yang menjadi persoalan, meski anggaran tersedia namun stok tetap terbatas. "Anggaran ini dari APBD Kaltim. Kami lagi cari APD ini," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
6 Khasiat Minuman Bandrek, Salah Satunya Cegah Corona
Ketua Gugus Tugas Covid-19: Alat untuk Tes Massal Corona Harus Diimpor
IHSG Bisa Sentuh 4.000 Jika Virus Corona Tak Cepat Ditangani
Rupiah Merosot Nyaris Sentuh Level Rp16.000 per USD
Ridwan Kamil Minta Warga Bekasi Kurangi Bepergian ke Jakarta
Glenn Fredly dan Marcello Tahitoe Duet, Semangati Tenaga Medis Lewat Lagu

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami