27 Orang Positif Antraks, Sultan HB X Minta Warga Berhati-hati Konsumsi Daging

PERISTIWA | 21 Januari 2020 18:49 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - 27 warga Gunungkidul dinyatakan positif terkena antraks. Menanggapi hal itu, Gubernur DIY, Sultan HB X masyarakat untuk berhati-hati dalam mengonsumsi daging terutama jika hewan ternaknya meninggal mendadak.

Sultan HB X menerangkan terkait antraks di Gunungkidul baru-baru ini sebenarnya sudah pernah terjadi beberapa bulan yang lalu. Sultan HB X merinci penyebabnya sama yaitu mengonsumsi daging hewan ternak yang mati mendadak.

"Ini kan sudah kedua kali kira-kira, enam-delapan bulan yang lalu kan juga terjadi hal yang sama. Begitu (hewan ternak) mendadak mati kok terus dibagikan ke penduduk. Kalau terjangkit antraks ya kena semua. Jadi menyebar. Kita agak kesulitan untuk mengatasi," ujar Sultan HB X, Senin (20/1).

Sultan HB X meminta agar peristiwa serupa tidak lagi terulang. Dia meminta masyarakat Gunungkidul untuk berhati-hati dalam mengonsumsi hewan ternak yang mati mendadak. "Ya saya mohon orang Gunungkidul hati-hati lah," ungkap Sultan HB X.

Agar antraks tidak menyebar, Sultan HB X meminta agar pengawasan hewan ternak diperketat. Terutama karena Gunungkidul adalah daerah perlintasan hewan ternak dari maupun ke daerah lain.

"Di sanakan (Gunungkidul) ada tempat pos untuk ngontrol sapi baik dari Jawa Tengah masuk ke Yogya, maupun dari Yogya masuk ke Jawa Tengah. Harapannya seperti itu (pengawasan di pos diperketat)," tegas Sultan HB X. (mdk/cob)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.