3 Bank Syariah BUMN Merger, Ma'ruf Amin Harap Nilai Aset Bisa Capai Rp350 Triliun

3 Bank Syariah BUMN Merger, Ma'ruf Amin Harap Nilai Aset Bisa Capai Rp350 Triliun
PERISTIWA | 24 Oktober 2020 12:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, tiga bank syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah akan bergabung atau merger. Ma'ruf berharap, penggabungan ini dapat segera beroperasi penuh tahun depan.

"Penandatanganan penggabungan telah dimulai dan diharapkan bisa beroperasi penuh pada Februari 2021," kata dia dalam acara Komite Nasional Keuangan Syariah yang disiarkan daring, Sabtu (24/10).

Menurut Ma'ruf, dengan bergabungnya tiga bank tersebut, aset bank syariah bisa mencapai Rp255 triliun dengan 1.200 kantor cabang tersebar merata di Indonesia.

"Dengan nilai aset Rp255 T, pada 2025 diharapkan bisa menjadi Rp350 T, ini mampu bersaing secara kompetitif di tingkat global," harap Ma'ruf.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menilai proses merger tiga bank syariah milik BUMN adalah wujud soliditas bank syariah nasional yang berkelas dunia.

"Ini merupakan awal dari proses bersejarah. Saya optimistis, bank syariah hasil merger nanti akan menjadi energi baru bagi perekonomian Indonesia," Erick memungkasi.

Reporter: Radityo Dito (mdk/cob)

Baca juga:
Merger Bank Syariah BUMN Hasilkan Aset Rp210 Triliun
Tak Lagi di Bank Mandiri, Hery Gunadi akan Urus Merger Bank Syariah BUMN
Merger 3 Bank BUMN Syariah Dinilai untuk Lahirkan Bank BUKU IV Baru
Rancangan Merger Bank BUMN Syariah Rilis, Mandiri Jadi Pemegang Saham Terbesar
Erick Thohir soal Merger Bank Syariah BUMN: Ini Adalah Amanah
Merger Bank BUMN Syariah Diharapkan Bikin Keuangan Syariah Lebih Modern

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami