3 Hari ETLE di Tol, Kakorlantas Polri Klaim Budaya Berkendara Lebih Baik

3 Hari ETLE di Tol, Kakorlantas Polri Klaim Budaya Berkendara Lebih Baik
ETLE di Jalan Asia Afrika. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo
NEWS | 4 April 2022 19:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Tilang elektronik untuk kendaraan yang melaju 120 km/jam di jalan tol sudah berlaku sejak 1 April kemarin. Korlantas Polri mengklaim meski baru beberapa hari berlaku, budaya keselamatan berkendara meningkat.

"ETLE mampu mengubah perilaku dan budaya berkendaraan yang berkeselamatan bagi masyarakat kita," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, dalam konferensi pers di Gedung NTMC Polri Jakarta, Jakarta Selatan, Senin (4/4).

Firman menjelaskan, Korlantas Polri telah melakukan penindakan pelanggaran ETLE di jalan tol sejak Jumat, 1 April 2022 lalu. Selain budaya berkeselamatan yang meningkat, ETLE juga efektif menekan angka pelanggaran batas muatan.

"Secara umum terjadi penurunan pelanggaran batas muatan untuk ruas tol DKI Jakarta. Hari pertama 148, hari kedua 571, hari ketiga 1 pelanggaran batas muatan," jelas dia.

"Untuk ruas tol Trans Jawa-Jawa Tengah, hari pertama 303, hari kedua 427 dan hari ketiga 29 pelanggaran," sambung Firman.

2 dari 2 halaman

Data Pelanggaran

Tidak hanya itu, angka pelanggaran batas kecepatan juga terpantau menurun. Seperti yang terjadi sejumlah ruas tol, seperti di Tol Polda Metro Jaya, Tol Trans Jawa-Jawa Tengah, hingga Tol Trans Sumatera.

"Untuk tol Trans Sumatera yang berada di wilayah hukum Polda Lampung juga terjadi penurunan capture pelanggaran batas kecepatan dari 2.580 di hari pertama, 1.683 di hari kedua, menjadi 631 pelanggaran di hari ketiga," ujarnya

Lebih lanjut, implementasi ETLE jalan tol diharapkan tetap memberikan progres yang positif. Firman menegaskan, titik kamera tilang elektronik akan secara masif diterapkan di lokasi lainnya.

"Diharapkan titik-titik ETLE ini makin masif kita terapkan sehingga angka kecelakaan lalu lintas khususnya di jalan tol bisa ditekan sampai zero accident," jelas Firman. (mdk/lia)

Baca juga:
Ini 21 Titik Kamera ETLE Pelanggar Batas Kecepatan & ODOL di Tol Trans Jawa-Sumatera
Polisi Ungkap Kecelakaan di Tol Meningkat Terjadi Waktu Rawan Pukul 03.00-09.00 WIB
Ini Dampak Aturan Kecepatan Maksimal 100 Km/jam di Tol
Kakorlantas Ingin Pemanfaatan Denda Hasil Tilang ETLE untuk Penegakan Hukum
Hari Pertama Tilang Elektronik Batas Kecepatan di Tol, Polda Metro Tilang 19 Mobil
Tilang Elektronik di 7 Ruas Tol Hari Ini Diberlakukan, Berikut Lokasinya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini