3 Hercules diterbangkan dari Lanud Hasanuddin bawa tim recovery ke Palu

PERISTIWA | 30 September 2018 12:28 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Meski ribuan warga memadati base ops Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hasanuddin untuk ke Palu, Sulawesi Tengah mencari keluarga yang kehilangan kontak, pemberangkatan ke daerah yang baru saja ditimpa musibah gempa dan tsunami itu dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU memprioritaskan tim recovery.

Dan sejak pagi tadi, Minggu, (30/9), sudah ada tiga kali penerbangan ke Palu dilayani tiga pesawat Hercules. Penerbangan pertama pukul 05.45 Wita, penerbangan kedua pukul 06.30 Wita dan ketiga pukul 07.00 Wita.

"Tiga Hercules dengan tiga penerbangan telah terbang ke Palu sejak pagi tadi mengangkut sekitar 300 orang karena masing-masing pesawat memuat kisaran 100 orang. Tapi sementara yang diangkut ini adalah tim recovery antara lain dari ATC, AirNav, Pasukan Khas dan tenaga kelistrikan dari PLN sebanyak 10 orang," kata Mayor Sus Heny Purwani, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Hasanuddin.

Bukan mengabaikan warga sipil yang tengah cemas akan kerabatnya baik di Kota Palu maupun di Kabupaten Donggala yang belum ditahu kabarnya, kata Heny, tapi saat ini memang diutamakan pengiriman tim recovery untuk membantu korban. Selanjutnya menyusul pemberangkatan warga sipil.

Ditambahkan, sejak posko bantuan gempa Palu dibuka di Lanud Hasanuddin, Sabtu, (29/9), sudah ada sekitar 5.000 warga sipil yang mendaftar, menunggu antrian pemberangkatan ke Palu guna mencari keluarganya.

"Sudah mencapai 5.000 orang dan masih dibuka pendaftaran lagi. Tetap diupayakan pemberangkatan masyarakat sipil, selain dari 3 unit pesawat Hercules, ada lagi tambahan tiga unit helikopter dari TNI AU untuk memaksimalkan pelayanan" kata Mayor Sus Heny Purwani.

Sementara ini, pantauan merdeka.com di base ops Lanud Sultan Hasanuddin, warga masih stand by berharap ada kesempatan diangkut Hercules ke Palu. Mereka bergelatakan seadanya sembari istirahat karena telah menanti sejak Sabtu kemarin.

Selanjutnya pukul 09.34 Wita, pesawat Hercules A-1331 yang tadinya mengangkut ke Palu kembali mendarat di Lanud Hasanuddin. Memuat ratusan warga pengungsi dari Palu. Diantaranya korban luka dan langsung dilarikan ke RSUP Wahidin Sudirohusodo dan RS Sayang Rakyat.

Baca juga:
Usai gempa dan tsunami, 71 WNA di Sulteng masih tersebar di sejumlah tempat
832 Korban meninggal akibat gempa di Sulteng dimakamkan secara massal
Tenda darurat terbatas, korban gempa Palu banyak berteduh di bawah pohon
Menkopolhukam bentuk Satgas Tanggap Darurat gempa & tsunami Palu
Mendagri minta Pemda beli barang di toko untuk dibagikan ke korban gempa
Cak Imin sebut PKB kumpulkan dana Rp 1 miliar buat korban gempa Palu
PP AMPG galang donasi peduli korban gempa Donggala dan tsunami Palu

(mdk/rhm)