3 Kabupaten di Sumsel Tetapkan Status Siaga Longsor dan Banjir Bandang

3 Kabupaten di Sumsel Tetapkan Status Siaga Longsor dan Banjir Bandang
Ilustrasi banjir bandang. © Transitionvoice.com
PERISTIWA | 27 Desember 2020 02:03 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Tiga kabupaten di Sumatera Selatan menetapkan status siaga bencana banjir bandang dan longsor. Warga diimbau waspada terlebih ketika terjadi bencana pada malam hari.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengungkapkan, ketiga daerah tersebut adalah Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musi Banyuasin.

Kabupaten-kabupaten itu menjadi langganan bencana setiap musim hujan karena berada di dataran tinggi, selain Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, dan Ogan Komering Ulu Selatan.

"Hampir semua daerah di Sumsel sangat rawan bencana, tapi tiga daerah yang menetapkan status siaga bencana karena tingkat kerawanan lebih tinggi, tanah labil, dan dataran tinggi" ungkap Ansori, Sabtu (26/12).

Dikatakan, bencana tersebut biasanya terjadi saat puncak musim hujan pada Desember dan Januari hingga Maret. Bencana itu datang tak mengenal waktu dan sangat membahayakan jiwa ketika terjadi pada malam hari.

"Orang lagi tidur dan terjadi bencana longsor atau banjir bandang. Semua warga harus waspada," ujarnya.

Pihaknya terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait ciri-ciri bencana longsor dan banjir bandang untuk meminimalisir kerugian lebih besar. Yakni ketika curah hujan tinggi kerap terjadi, sungai keruh, atau seperti terjadi penyumbatan pada sungai kecil.

"Jika ada sumbatan biasanya akan disusul banjir bandang, dan suara gemuruh tanda longsor. Warga diminta mengenali ciri-ciri itu," kata dia.

Di samping itu, petugas BPBD ditugaskan 24 jam di daerah-daerah rawan untuk mengevakuasi warga ketika terjadi bencana. Penyelamatan lebih cepat dapat menekan timbulnya korban jiwa.

"Petugas kami selalu standby, begitu mendapat laporan bencana langsung berangkat," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Rawan Longsor, Hati-Hati Melintas di Jalur Menuju Lokasi Wisata Garut
Evakuasi Belasan Jam, Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Tewas Setelah
Hujan Deras di Bandung, Tebing Longsor Timbun Dua Rumah
Longsor Seret Satu Mobil, Jalan Utama Bandung-Garut di Talegong Tak Bisa Dilalui
Punya Akar Kuat, Ini Fakta Tanaman Usulan BNPB Sumut untuk Cegah Banjir dan Longsor
4 Penambang Emas Ilegal Tertimbun Longsor di Lebak Sudah Dievakuasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami