3 Kementerian dengan Nama Baru & Tugas Tambahan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

PERISTIWA | 23 Oktober 2019 10:32 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Presiden Jokowi telah mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya bekerja lima tahun ke depan. Jokowi mengumumkan nama-nama menteri dan pos tempat mereka bertugas.

Dari 38 nama, ada sejumlah kementerian yang mengalami perubahan nomenklatur atau perubahan nama. Kementerian itu digabung dan mendapat tugas tambahan. Berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Kementerian Kemaritiman dan Investasi

Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai Menteri Kemaritiman dan Investasi dalam Kabinet Indonesia Maju. Ini penggabungan dari bidang maritim dan investasi. Sebab, sebelumnya di periode pertama Jokowi, kementerian ini bernama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Sebelumnya, Luhut sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia di Kabinet Kerja Jokowi-JK periode.

2 dari 3 halaman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Wishnutama ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Kementerian ini merupakan penggabungan antara Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif.

Sebelumnya, Wishnutama dikenal sebagai produser televisi swasta Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama Trans 7, Trans TV dan pendiri dan komisaris utama Net TV.

3 dari 3 halaman

Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Bambang Brodjonegoro sebagai Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional. Nama kementerian ini mengalami perubahan dan penambahan tugas baru.

Sebab sebelumnya kementerian ini bernama Menristekdikti. Sementara Badan Riset Inovasi Nasional adalah tambahan tugas dan nama baru.

Sebelumnya, Bambang sempat menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia di Kabinet Kerja era Jokowi-JK. (mdk/dan)

Baca juga:
Jokowi-Ma'ruf Kenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju
Ini Profil & Jejak Karier ST Burhanuddin Hingga Dipilih Jokowi Jadi Jaksa Agung
Agus Suparmanto, Pengusaha Galangan Kapal Ditunjuk Jokowi Jadi Menteri Perdagangan
Setelah Orde Baru, Fahrul Razi Pensiunan Jenderal Pertama Jabat Menag
Deretan Tim Kampanye Jokowi Jadi Menteri, dari Erick Thohir Hingga Bahlil Lahadalia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.