3 Pasar Tradisional Ditutup Karena Jadi Klaster Baru Covid-19 di Semarang

3 Pasar Tradisional Ditutup Karena Jadi Klaster Baru Covid-19 di Semarang
PERISTIWA | 3 Juni 2020 22:39 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Tiga pasar tradisional yang menjadi klaster baru penularan covid-19 di Kota Semarang. Sedangkan untuk menghindari penularan semakin masif, Pemkot Semarang memilih operasional pasar ditutup sementara.

"Pasar burung Karimata, Pasar Prembaen, Pasar Rasamala. Penutupan operasional dilakukan tiga hari sejak Rabu (3/6). Selama tutup, kami kerahkan petugas untuk sterilisasi lokasi pasar dengan menyemprot disinfektan," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fravarta Sadman, Rabu (3/6).

Dia menyebut selama tiga hari operasional pasar ditutup kembali dibuka pada Minggu (7/6). Nantinya selama beroperasi lagi, pihaknya meminta pedagang dan pembeli yang berada di lokasi wajib mentaati protokol kesehatan. Jika ketahuan tidak memakai masker dan jaga jarak, petugas tidak segan-segan menindak.

"Kami minta pedagang dan pembeli wajib pakai masker. Bila ada pembeli berada di lokasi tidak pakai masker kami minta untuk keluar, sedangkan pedagang langsung kami larang untuk jualan," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebut klaster baru virus Corona di Kota Semarang tak hanya berhenti di Pasar Rejomulyo lama atau Pasar Kobong saja. Ia juga mengungkapkan adanya tiga pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Semarang yang terkonfirmasi positif virus Corona.

Sejumlah temuan tersebut praktis jumlah angka penderita virus Corona Ibu Kota Jawa Tengah hingga mencapai 127 orang hingga hari ini. Dalam dua hari terakhir Pemkot Semarang berupaya untuk melakukan tracing wilayah yang diduga menjadi tempat kontak erat penderita virus Corona.

Hasilnya terkonfirmasi dengan masyarakat lainnya. Adapun klaster yang menjadi penularan covid-19 tidak hanya di pasar saja juga menemukan di Rusunawa Kaligawe serta salah satu perbankan. (mdk/ray)

Baca juga:
96 Pasien Positif Virus Corona di Riau Dinyatakan Sembuh
Usai Kunjungi Warga Positif Covid-19, Wawali Surabaya Langsung Karantina Mandiri
RSD Wisma Atlet Rawat Inap 632 Pasien Covid-19 per 3 Juni 2020
Ini Strategi Menteri Sri Mulyani Agar Pertumbuhan 2020 Tidak 0 Persen
Insentif Tenaga Medis di 2 RS Corona Telah Cair Rp10,45 Miliar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5