3 Pegawai Disdukcapil Karawang Pengepul Calo Kena OTT Saber Pungli

PERISTIWA | 14 November 2018 18:27 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Tim Saber Pungli Polres Karawang dan Kejaksaan Negeri Karawang melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap tiga staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Dari tiga orang yang ditangkap, dua di antaranya berstatus PNS masing-masing berinisial SA dan AS serta seorang tenaga sukarelawan berinisial CE. Mereka merupakan staf bagian penerimaan berkas Kartu Keluarga (KK).

"Kita lakukan OTT, tiga orang di ruang staf bagian penerimaan berkas pengurusan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP dan Akte Kelahiran," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya usai melakukan OTT.

Selanjutnya ketiga staf Disdukcapil Karawang tersebut digelandang ke Mapolres Karawang.

Dijelaskan Slamet Waloya, dari hasil pemeriksaan didapat keterangan rangkaian peristiwa pungutan liar (pungli) tersebut. Tersangka berperan sebagai pengepul para calo yang menjadi kaki tangannya.

"Tersangka mengurus melalui kaki tangannya untuk memungut biaya kepada pemohon, di mana untuk mengurus surat-surat kependudukan dikutip ratusan ribu," katanya.

Di antara barang bukti yang disita, ditemukan uang dalam laci jutaan rupiah. "Ketiga tersangka bersama barang bukti diamankan ke Mapolres Karawang," Pungkas Slamet.

Baca juga:
Gubernur Kalteng berang anak buah pungli urus izin ke pamannya
Polisi tangkap tangan pejabat Pelabuhan Batam terima suap dari pengusaha
Kadispendukcapil Jember jadi tersangka pungli, barang bukti uang Rp 10 juta
Polda Kalbar OTT Kadis PU Ketapang terkait pungli proyek
Lakukan pungli Rp 600 ribu per guru, Pengawas TK/SD di Sergai diciduk polisi
Ganjar bakal tindak tegas anak buah yang terlibat pungli

(mdk/cob)