3 Ribu Lebih Rumah Warga di Jateng Rusak Akibat Puting Beliung

PERISTIWA | 25 Oktober 2019 13:22 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Sebanyak 3.000 lebih rumah warga di 10 kabupaten/kota rusak akibat dihantam angin puting beliung. Kerusakan terparah berada di Wonosobo dan Kabupaten Magelang dengan total kerugian sekitar Rp300 juta.

"Di Wonosobo sendiri ada 1.257 rumah rusak, dan di Magelang ada 1.001 rumah rusak. Rata-rata rusak pada saat kejadian genteng beterbangan hingga bangunan roboh," kata Kepala BPBD Jateng Sudaryanto saat dikonfirmasi, Jumat (25/10).

Selain itu, ada beberapa daerah yang terdampak diterjang puting beliung dari Brebes, Wonogiri, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Tegal, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pati, Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri.

"Rincian yang rusak berat ada 258 rumah, yang mengalami kerusakan sedang ada 839 rumah, lalu ada 2.987 rumah yang rusak ringan," terangnya.

Dia menyebut terdapat 3.052 warga yang terpaksa mengungsi. Sembilan sekolah dan 19 tempat ibadah juga mengalami kerusakan walau ringan.

"Tapi untuk sekarang jumlah pengungsi mulai berkurang, tinggal 261 KK. Sebagian sudah pulang ke rumah masing-masing," ujarnya.

Saat ini tim gabungan BPBD dibantu para relawan sedang berupaya memperbaiki rumah-rumah yang rusak. Selain itu juga menggelontorkan berbagai bantuan mulai ratusan seng, asbes dan bahan bangunan serta bahan makanan lainnya.

"Kita upayakan perbaikan bisa dilakukan secepatnya sehingga warga bisa beraktivitas normal kembali," tutup Sudaryanto.

Baca juga:
Warga Korban Bencana Puting Beliung di Kota Batu Bersihkan Rumah
515 Rumah Rusak di Kota Batu Akibat Terjangan Angin Kencang
Khofifah Jamin Ketersediaan Bantuan bagi Pengungsi Puting Beliung di Batu
VIDEO: Rumah Wali Kota Jadi Tempat Pengungsian Korban Puting Beliung di Batu
Satu Warga Meninggal dan 20 Bangunan Rusak Akibat Puting Beliung Landa Kota Batu
Warga Kaki Gunung Arjuno Diungsikan Akibat Angin Puting Beliung

(mdk/cob)