3 Rumah Sakit di Bali Jadi Rujukan Penanganan Pasien Corona

PERISTIWA | 27 Januari 2020 22:32 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan tiga rumah sakit sebagai tempat rujukan untuk penanganan pasien yang diduga terkena virus Corona. Langkah pengendalian dan penanganan sesuai SOP yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

"Saat ini ada sejumlah rumah sakit rujukan untuk penanganan Corona yaitu RSUP Sanglah, Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar dan Rumah Sakit Tabanan," kata Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra usai rapat dengan sejumlah pihak di Kantor Gubernur Bali, Senin (27/1).

Bagi Bali, lanjut Dewa Made Indra, kemunculan penyakit ini tidak hanya mengkhawatirkan dari sudut pandang kesehatan, namun juga bagi sektor pariwisata. Oleh sebab itu, dia menekankan pentingnya optimalisasi upaya pencegahan agar penyakit ini tidak sampai masuk Bali.

"Kita perketat pengawasan di pintu-pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bali dr. Ketut Suarjaya memaparkan situasi global virus Corona hingga 25 Januari 2020 dengan jumlah kasus mencapai 1.320, dan telah tersebar di sejumlah negara yaitu China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Vietnam, Australia, Nepal, Perancis dan Amerika Serikat.

"Seluruh kasus yang terdata pernah ada riwayat perjalanan ke Wuhan. Bahkan perkembangan terakhir yang saya pantau semalam, kasusnya sudah mencapai 2019, tersebar di 14 negara," ujarnya.

Suarjaya menyebutkan, hingga saat ini belum ada vaksin untuk virus Corona. "Pengobatan yang dilakukan bersifat supportif sesuai dengan gejala yang ada. Oleh karena itu, upaya pencegahan menjadi hal yang sangat penting untuk dioptimalkan saat ini. Terkait dengan upaya pencegahan, KKP Kelas I Denpasar telah menyiagakan thermal scanner di pintu masuk bandara dan pelabuhan," ujar Suarjaya. (mdk/cob)

Baca juga:
9 Mahasiswa UII yang Belajar di China Dipastikan Aman dari Virus Corona
AS Akan Evakuasi Warganya dari Wuhan dengan Pesawat Sewaan
Menkes Kirim Tim Periksa Pekerja Kereta Cepat yang Diduga Terkena Virus Corona
Menkes Terawan soal Penyebaran Virus Corona: Kita Sudah Waspada, Jangan Khawatir
Ekonomi China Mulai Tumbang Akibat Virus Corona
Dampak Virus Corona, Pemerintah Akan Cari Potensi Turis Baru Selain China

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.