30 Butir Telur Ular Kobra Menetas di Bekasi, Warga Ketakutan

PERISTIWA | 15 Desember 2019 19:00 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Warga di Perumahan Springville Residence, Jalan Baru Underpass, Bekasi Timur, Kota Bekasi, menemukan 30 cangkang diduga telur ular kobra. Hal ini membuat penduduk setempat resah.

Warga setempat, Adi Sembiring mengatakan, telur ular yang menetas tersebut ditemukan dua hari lalu di sebuah lahan kosong yang tengah dikembangkan sebagai hunian. Penyisiran dilakukan setelah ada anakan ular kobra masuk ke dalam rumah.

"Sudah lima ekor ular kobra ditangkap karena masuk ke rumah, ular langsung dimatikan," kata Adi, Minggu (15/12).

Adi mengatakan, belum lama ini juga ditangkap ular kobra dewasa oleh Satpam perumahan. Diduga, ular yang ditangkap tersebut merupakan indukan. Karena itu, warga meminta bantuan kepada tim rescue pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi melakukan penyisiran.

Pelaksana Driver dan Eksekutor Tim Rescue Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban mengatakan, sudah melakukan penyisiran terhadap lahan ditemukannya cangkang telur dan penemuan anakan ular. Sayangnya, selama dua jam menyisir, petugas tak menemukan ular kobra.

Petugas sebanyak lima orang menyisir kawasan mulai pukul 10.00-12.00 WIB. Petugas menggunakan alat pendeteksi ular berupa kabel dilengkapi kamera. Kabel ini dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang berpotensi menjadi sarang ular.

Karena tak ditemukan, pihaknya mengimbau supaya masyarakat tak panik ketika menemukan ular kobra. Ia meminta warga segera melaporkan kepada petugas rescue pemadam kebakaran.

"Bulan-bulan ini adalah siklus menetasnya telur ular kobra. Untuk mencegah ular masuk, jangan sampai rumah kotor, ada tumpukan barang bekas, dan memasang pagar," ujarnya. (mdk/did)

Baca juga:
Warga Menyisir Lokasi Munculnya Ular di Pasar Kemiri Muka Depok
Penemuan 18 Anak Ular Kobra Resahkan Warga Karawang, Seekor Induk Ditangkap
3 Orang Dipatuk Ular Dirawat di RSUD Depok
Kerja Bakti, Warga Citayam Village Tangkap Anak Kobra
Lagi Tunggu Pembeli, Pedagang Sayur di Pasar Depok Dipatuk Anak Kobra
Damkar Kabupaten Bogor sebut 3 Perumahan di Citayam Diteror Ular kobra

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.