30 Personel Brimob Diterbangkan ke Papua Kawal Atlet dari Riau

30 Personel Brimob Diterbangkan ke Papua Kawal Atlet dari Riau
brimob polda aceh berangkat ke papua. ©2021 Merdeka.com/alfath
NEWS | 21 September 2021 16:51 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengirim 30 personel Brimob untuk mengawal atlet Riau selama bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Personel Brimob Polda Riau siap mengawal 147 atlet Riau yang bakal mengikuti 29 cabang olahraga PON XX. Personel akan dibagi di setiap venue cabang olah raga yang diikuti atlet Riau, di empat wilayah yaitu Jayapura Kabupaten, Jayapura Kota, Timika dan Merauke," kata Dansat Brimob Polda Riau, Kombes Pol Dedi Suryadi, SIK di Pekanbaru, Selasa (21/9).

Dia mengungkapkan, pengawalan terbanyak dilakukan di wilayah Jayapura Kabupaten dan Jayapura Kota. Alasannya karena di dua wilayah ini cabang olahraga terbanyak, sisanya baru dibagi untuk wilayah Timika dan Merauke.

Pengamanan ini, kata Dedi, juga sesuai situasi dan kondisi wilayah Papua saat ini, selain mengawasi atlet juga seluruh personel yang ikut mulai dari tidur, bangun tidur, berangkat bertanding, bertanding sampai pulang kembali ke Provinsi Riau.

"Artinya kegiatan seluruh kontingen Riau ini akan diawasi sesuai aturan PON XX Papua, terutama terkait larangan meninggalkan venue maupun tempat penampungan yang telah ditetapkan sebelumnya," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Dia mengungkapkan, jika seluruh personel yang dikirim atau ditugaskan dalam pengamanan atlet, juga diperintahkan selalu siap dan menjaga kewaspadaan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk terus menjaga komunikasi antar-sesama tim maupun tim aparat di Papua.

"Sebelum pengiriman personel Brimob ini, kita juga sudah berkomunikasi dengan pihak terkait di Papua seperti apa sistem yang akan diselenggarakan di sana serta kerja sama yang akan dijalankan bersama demi suksesnya PON ini," terangnya.

"Kita juga berharap seluruh atlet bisa meraih prestasi maksimal dan mengharumkan nama Riau di tingkat nasional," tutup Dedi. (mdk/fik)

Baca juga:
PON XX Papua Gunakan PeduliLindungi untuk Skrining
Jelang PON XX, Kemenkes Ingatkan 4 Daerah di Papua Endemi Malaria
Dukung PON XX, Garuda Indonesia dan Citilink Tambah Penerbangan Rute Papua
Pemerintah Izinkan Ada Penonton di Pertandingan PON XX Papua, Wajib Sudah Vaksin
Wapres Ma'ruf Dijadwalkan Berkunjung ke Papua untuk Tinjau PON
Lepas 89 Atlet ke PON Papua, Wali Kota Medan Targetkan Ini

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami