31 Maret Kota Tasikmalaya Berlakukan Lokal Lockdown

31 Maret Kota Tasikmalaya Berlakukan Lokal Lockdown
PERISTIWA | 28 Maret 2020 19:23 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Untuk mencegah semakin menyebarnya virus corona di Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya sepakat untuk melakukan karantina wilayah atau lockdown. Proses karantina wilayah tersebut akan dimulai pada Selasa (31/3).

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan bahwa jika tidak melakukan karantina wilayah akan semakin banyak orang yang datang ke Tasikmalaya. Oleh karena itu pihaknya mengambil keputusan melakukan karantina wilayah untuk mencegah semakin menyebarnya virus corona di wilayahnya.

"Untuk mencegah, kita akan meminimalisir yang mudik atau pulang kampung. Karena sekarang banyak sekali pabrik yang tutup di Jabodetabek," ujarnya, Sabtu (28/3).

Budi menegaskan bahwa mulai Selasa, Pemkot Tasikmalaya akan memulai karantina wilayah, teknisnya angkutan umum, baik darat, kereta api, dan udara dilarang masuk ke dalam kota. Kendaraan pribadi yang ingin melintas tanpa kepentingan yang jelas pun akan diarahkan memutar mencari jalur lain.

Ia menegaskan bahwa pemberlakuan tersebut karena situasinya sudah dianggap darurat. "Daripada penyebaran semakin banyak, kita karantina wilayah," tegasnya.

Dalam proses karantina wilayah ini sendiri, jelas Budi, setiap perbatasan akan dibuatkan posko. Dinas Perhubungan pun akan segera mengeluarkan surat edaran terkait karantina wilayah kepada pihak terkait.

"Kebijakan karantina wilayah ini merupakan pilihan yang sulit dilakukan. Namun, kebijakan ini mesti diambil demi keselamatan semua dan meminimalisasi warga Kota Tasikmalaya dari virus corona. Perlu dipahami semua pihak, demi kita semua," jelasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Warga Miskin India Terpaksa Bekerja Saat Lockdown, Terima Risiko Dipukul Polisi
Viral, Ini 7 Potret Unik 'Lockdown' di Berbagai Desa di Indonesia
1 Orang Positif Corona, Warga Pondok Kacang Barat Tangsel Berlakukan Lockdown Lokal
Wali Kota Tegal: Yang Saya Lakukan untuk Menjaga Warga Saya
Pejabat dan Anggota DPR Terkena Corona, Syarief Hasan Minta Jokowi Lockdown Jakarta
Ngotot Main Pokemon Go Kala Lockdown, Pria ini Ditangkap

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami